Jakarta (ANTARA) - Berita tentang Pemerintah Indonesia menyiapkan dana 455 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk subsidi penjualan sepeda motor listrik hingga larangan ekspor produk kelapa asal Indonesia ke Rusia, mewarnai pemberitaan bidang ekonomi kemarin (23/5).

Berikut rangkuman berita selengkapnya

1. Pemerintah siapkan 455 juta dolar AS subsidi sepeda motor listrik

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menyatakan Indonesia menyiapkan dana 455 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk memberikan subsidi penjualan sepeda motor listrik.

“Subsidi tersebut mencakup penjualan 800 ribu sepeda motor listrik baru dan konversi 200 ribu sepeda motor bermesin pembakaran," ujarnya dalam ajang IEA’s 9th Global Conference On Energy Efficiency (GCEE) di Nairobi, Kenya, dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Simak berita selengkapnya di sini.

2. Indonesia minta Korea Selatan bantu pembicaraan dengan AS soal EV

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta Pemerintah Korea Selatan untuk membantu bernegosiasi dengan Amerika Serikat agar dapat membuka pasar bagi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang diproduksi di Indonesia.

“Saya berharap bahwa ekosistem EV bisa lebih dalam dan tentunya nanti dengan Korea mohon bantuan untuk berbicara dengan Amerika agar Undang-Undang IRA (Inflation Reduction Act)-nya bisa membuka pasar bagi produk hasil kolaborasi LG dan Hyundai ke Amerika,” kata Airlangga Hartarto dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis.

Simak berita selengkapnya di sini.


3. Wamen BUMN sebut gaji karyawan Indofarma tunggu proses PKPU

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa pembayaran gaji karyawan PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF) saat ini masih menunggu proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Kita PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) dulu, supaya kita urus pidananya yang terkait dengan fraud itu,” kata Kartika di sela menghadiri Peluncuran Transformasi Bulog di momen Malam Puncak Peringatan HUT ke-57 Perum Bulog di Jakarta, Rabu (22/5) malam.

Simak berita selengkapnya di sini.

4. Pertamina bantu 2.500 liter BBM untuk penanggulangan bencana di Sumbar

Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut) memberi bantuan 2.500 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis dexlite setiap harinya untuk membantu operasional alat berat berat guna percepatan penanggulangan bencana di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Sejak Minggu (12/5) malam hingga saat ini, Pertamina Patra Niaga Sumbagut telah menyalurkan bantuan setiap harinya rata-rata 2.500 liter BBM jenis Dexlite untuk percepatan penanggulangan bencana," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut Freddy Anwar di Padang, Kamis.

Simak berita selengkapnya di sini.

5. Indonesia bahas larangan ekspor produk kelapa dengan Rusia

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edi Prio Pambudi bertemu dengan Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Dmitry Volvach untuk membahas larangan ekspor produk kelapa asal Indonesia ke Rusia.

“Indonesia menyayangkan keputusan pelarangan sementara ekspor produk kelapa Indonesia oleh Rusia,” ucap Edi Prio Pambudi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Simak berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024