Jakarta (ANTARA News) - Selandia Baru, Australia dan negara-negara mini di Pasifik Selatan sudah memasuki tahun baru 2014, demikian pula wilayah Indonesia bagian timur dan tengah.

Yang juga sudah melewati malam pergantian tahun ini adalah Filipian.  Namun di sini lebih dari 260 orang terluka karena terhantam semburan kembang api.

Perayaan tahun baru di Filipina mempunyai arti tersendiri mengingat negeri ini, khususnya kota Tacloban, baru saja ditimpa bencana besar Topan Haiyan yang merenggut lebih dari 6.100 meninggal dunia dan 1.800 lainnya dinyatakan hilang.

"Kebanyakan orang di sini menyambut Tahun Baru setelah kehilangan orang tua mereka, sanak famili dan keluarga sehingga Anda bisa membayangkan bagaimana perasaannya," kata kepala desa Anibong, Maria Rosario Bactol, yang masuk kawasan Tacloban.

China merayakan tahun baru dengan memusatkan perayaan di Tembok Besar dekat Beijing dan Tanggul Besar Shanghai, namun pemerintah kota Wuhan di provinsi Hubei melarang pesta kembang api digelar di sini.

Di Jepang, ribuan orang yang sebagian mengenakan kimono berdoa, membunyikan lonceng dan melemparkan koin dengan berharap kesehatan, kemakmuran dan kebahagian hidup mereka.

Kuil-kuil membunyikan lonceng sebanyak 108 kali yang menandakan 108 noda-noda mental yang menghambat masuk ke nirwana seperti diyakini Budhisme, menyambut Tahun Kuda ini.

Rakyat Jepang berharap pada pulihnya perekonomian yang untuk pertama kalinya terlihat selama bertahun-tahun sejak Perdana Menteri Shinzo Abe memerintah.

Di Korea Utara, pesta kembang api berlangsung di Lapangan Kim Il Sung dan Lonceng Pyongyang Bell, sedangkan di Hong Kong, puluhan ribu orang menyaksikan pesta kembang api di Pantai Victoria, demikian CBS News.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013