Solo (ANTARA) - Desainer interior asal Kota Solo, Jawa Tengah Lorca Biru menjajal pasar domestik usai sukses di Australia.

"Saya ingin coba menggarap pasar domestik agar kualitas produk yang ada di sini lebih baik lagi dari yang sudah ada," katanya ditemui di pabriknya di Kebonne Totok, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut dia, perkembangan desain interior di Indonesia mengalami tren positif, ditandai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun interior rumah yang tidak hanya fungsional tetapi juga mempertimbangkan sisi estetika.

Baca juga: Cara siasati dekor rumah subsidi yang mungil

Baca juga: Quadra siapkan 22 varian motif baru untuk desain interior


Meski demikian, selama ini banyak konsumen kelas menengah ke atas yang memiliki dana namun kesulitan memperoleh produk dengan kualitas baik, khususnya dari bahan kayu lapis.

Oleh karena itu, ia berkeinginan untuk membawa cara kerja yang diterapkan oleh pabriknya di Australia ke Indonesia.

"Termasuk cara kerja kami di market Australia, itu yang ingin kami bawa ke Indonesia. Kami ingin menciptakan barang bagus dan berkualitas," katanya.

Salah satu cara kerja yang diterapkan yakni hampir seluruh produksi mengandalkan mesin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan ukuran dan kesalahan potong.

"Konsep kami memang menggunakan sistem dengan jumlah pegawai tidak begitu banyak, tapi bisa menghasilkan kuantitas yang banyak. Konsistensi produk yang sangat tinggi, bukan padat karya," katanya.

Ia juga memastikan proses produksi berbasis human ergonomic yang artinya pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan manusia.

"Jadi satu item itu maksimal ditangani dua orang, jangan membuat item yang tidak bisa diangkat dua orang, artinya itu terlalu berat. Kasihan punggungnya. Ini cara kerja yang juga kami copy dari Australia," katanya.

Terkait dengan pasar, menurut dia Jakarta dan Surabaya masih mendominasi permintaan yang masuk ke perusahaannya.

"Kalau Solo Raya ini unik dan menarik. Pasar anak muda sudah mulai tumbuh dan tahu. Memang belum sebesar Surabaya dan Jakarta tapi sudah mulai tumbuh. Mulai dari desain yang modern, klasik, minimalis," katanya.

Sementara itu, belum lama ini Lorca berhasil memenangkan Most Exclusive Furniture Design Company 2024 di Australia. Penghargaan ini diberikan oleh APAC Insider dalam event Australian Enterprise Award 2024.

Baca juga: LPJK kerja sama layanan desain interior dengan Filipina

Baca juga: Furnitur Blackwood berkolaborasi dengan desainer interior Ary Juwono

Baca juga: Kiat memadukan warna-warna berani dalam desain interior


 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024