Dukungan WIKA untuk World Water Forum 2024

Bogor (ANTARA) - Sebagai bagian dari komitmen Perseroan terhadap keberlanjutan, WIKA turut berperan dalam mendukung upaya pemerintah melalui pengelolaan sumber daya air yang merata di seluruh Indonesia. Langkah tersebut salah satunya diwujudkan melalui pembangunan Bendungan Cijurey Paket III di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan Bendungan Cijurey paket III tersebut dikerjakan melalui skema konsorsium bersama JAKON (KSO) dengan porsi WIKA sebesar 70% dengan nilai proyek yang diterima Perseroan sebesar Rp724 Miliar. 

Memasuki progress awal sebesar 1,63%, WIKA tengah berfokus dalam merampungkan pengerjaan jalan akses kanan dan galian bangunan spill way. Ini termasuk dalam lingkup pekerjaannya yang mencakup pembangunan jalan akses, bangunan pelimpah, dan hidromekanikal. Pembangunan proyek ini direncanakan akan berlangsung hingga bulan Oktober 2028. 

Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digagas oleh Kementerian PUPR ini memiliki kapasitas daya tampung mencapai 9,76 juta meter kubik, yang nantinya bermanfaat untuk mereduksi banjir dari hulu Sungai Cihoe sebesar 59,33% serta menyediakan irigasi untuk wilayah Kabupaten Bogor seluas 2.047 hektare. 

Agung BW menyampaikan bahwa peran WIKA mendukung optimalisasi sumber daya air di Indonesia juga diwujudkan dengan partisipasi Perseroan pada agenda World Water Forum 2024 bertemakan “Air untuk Kesejahteraan Bersama” yang dihelat di Bali, 20 - 26 Mei 2024. 

“Kami bersama BUMN Karya lain ikut serta memperkenalkan Indonesia sebagai tuan rumah yang punya kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap potensi kemanfaatan air yang kemudian diwujudkan ke dalam berbagai karya-karya infrastruktur. Karya-karya yang kami tampilkan pula merupakan hasil dari sinergi yang kuat dengan Kementerian PUPR,” Ujar Agung BW.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024