Robin (van Persie) tidak cukup siap bertanding. Kami beranggap demikian. Dengan Wayne, kami perlu melihat kondisinya dengan lebih cermat dan seksama.
Jakarta (ANTARA News) - Maju, serang dan serang lawanmu,...jangan pernah nyalimu ciut, jangan pernah rendah diri! Sederet kata-kata penyemangat bagi skuat Tottenham Hotspur manakala bentrok menghadapi Manchester United (MU).

Skuat Setan Merah akan ditantang skuat Spurs dalam laga yang digelar di Old Trafford dalam ajang Premier League, yang diadakan pada Kamis dini hari, pukul 00.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Kata-kata pemompa semangat itu bakal memenuhi atmosfer kamar ganti Spurs di bawah pelatih anyar Tim Sherwood yang menggantikan posisi Andre Villas-Boas (AVB).

Jelas, tidak mudah menundukkan tim sekelas MU. Kini, skuat asuhan pelatih David Moyes itu terus berburu poin demi poin untuk merangsek ke posisi empat besar Premier League.

MU di bawah Moyes, pekan kini berada di peringkat keenam dengan mengemas 34 poin, sementara peringkat pertama dibesut oleh Arsenal dengan raihan 42 poin, menyusul Manchester City (41 poin), Chelsea (40 poin), Everton (37 poin), Liverpool (36 poin).

Ini misi relatif berat MU. Dan Wayne Rooney dan kawan-kawan berusaha memperkecil jarak selisih poin dengan tim papan atas.

Pembuktiannya, laga MU melawan Spurs. Dan MU meraup enam kemenangan dalam segala kompetisi belakangan ini.

United tengah bangkit, dengan memenangi seluruh laga dalam enam pertandingan di seluruh kompetisi yang mereka geluti. Dua kemenangan, masing-masing atas Hull City dan Norwich City tentu mendongkrak semangat pasukan asuhan pelatih David Moyes itu.

Tinggal sekarang, apakah penampilan ciamik United beberapa pekan lalu dapat konstan?

Tottenham menyimpan energi pembuktian diri bahwa mereka tidak ingin dijadikan "lumbung gol" bagi tim tuan rumah. Setelah AVB dipecat, kini Spurs disebut-sebut tengah bermetamorfosis di bawah asuhan pelatih Sherwood.

Dipoles AVB, penampilan Spurs terkesan kurang greget. Dilatih Sherwood, penampilan Spurs kian kinclong dengan pola permainan yang lebih keluar menyerang.

MU kini benar-benar berharap Wayne Rooney dapat segera pulih agar dapat turun bertanding melawan Tottenham. Roo absen pada pertandingan melawan Norwich pada Sabtu lalu. Ia mengalami cedera bahu dan tidak ikut berlatih bersama timnya. Striker itu akan segera tampil apabila kondisinya memang benar-benar fit.

Robin Van Persie sudah kembali berlatih, meski masih diliputi tanda tanya apakah ia mampu membela timnya melawan Spurs. Ia absen dalam lima laga terakhir ini karena mengalami cedera otot.

Anatomi kedua tim:

* Catatan cedera kedua tim:
Di kubu MU, Marouane Fellaini (cedera bahu), Nani (cedera hamstring), Phil Jones (cedera lutut).  Rafael masih belum pulih, meski Antonio Valencia siap tampil setelah menerima hukuman larangan bertanding.

* Di kubu Tottenham, Paulinho dan Sandro (cedera pergelangan kaki), Andros Townsend (cedera hamstring), Jan Vertonghen (cedera engkel) dan Younes Kaboul (cedera engkel). Full-bek Kyle turun bertanding setelah menjalani masa suspensi, sementara Roberto Soldado dan Emmanuel Adebayor siap merajut kerjasama di lini depan Spurs.

* Tottenham Hotspur hanya sekali menang dalam hitungan 25 pertandingan melawan Manchester United di laga Premier League. Catatan rekor Hotspur yakni menang sekali, imbang tujuh kali, dan kalah 17 kali.
* Rooney tertantang dapat mencetak golnya yang ketujuh dalam enam pertandingan yang ia lakoni.

Komentar kedua pelatih:

David Moyes (Manchester United):
"Robin (van Persie) tidak cukup siap bertanding. Kami beranggap demikian. Dengan Wayne, kami perlu melihat kondisinya dengan lebih cermat dan seksama. Ia tidak dapat berlatih hari ini, sehingga kami perlu memantau kondisi dia dengan lebih seksama keesokan harinya."

Tim Sherwood (Tottenham Hotspur):
"Saya suka bermain-main dengan resiko. Kami harus segera menemukan formula yang tepat manakala menghadapi tim-tim besar. Kami harus segera mengetahui pola permainan Manchester United. Kami tahu bahwa mereka tim yang tampil sangat, sangat baik."

"Kami menghormati mereka meski kami tidak ingin dijadikan tim layaknya domba yang digiring ke tempat pembantaian. Kami perlu menyiapkan diri dengan lebih bersungguh-sungguh."

 Prakiraan susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang); Smalling, Vidic, Evans, Evra; Carrick, Cleverley; Valencia, Rooney, Young; Welbeck.
Pemain cadangan:
Lindegaard, Smalling, Hernandez, Fabio, Fltecher, Kagawa, Januzaj
 
Tottenham Hotspur (4-4-2):
Lloris (penjaga gawang); Walker, Dawson, Chiriches, Naughton; Lamela, Capoue, Dembélé, Eriksen; Adebayor, Soldado.
Pemain cadangan:
Friedel, Capoue, Naughton, Chadli, Bentaleb, Fredericks


Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Manchester United 3-1 Tottenham (16,5 persen)
* Manchester United 2-1 Tottenham (16,12 persen)
* Manchester United 2-0 Tottenham (13,43 persen)

    
Head to Head:

English Premier League (EPL)
 1 Dec 2013     Tottenham 2 - Manchester United 2     
20 Jan 2013     Tottenham 1 - Manchester United 1     
29 Sep 2012     Manchester United 2 - Tottenham 3     
 4 Mar 2012     Tottenham 1 - Manchester United 3     
22 Aug 2011     Manchester United 3 - Tottenham 0     

    
Lima laga terakhir:
 
Manchester United  
28 Dec 2013    Norwich City 0 - Manchester United 1    EPL
26 Dec 2013    Hull City 2 - Manchester United 3    EPL
21 Dec 2013    Manchester United 3 - West Ham 1    EPL
18 Dec 2013    Stoke City 0 - Manchester United 2    CCUP
15 Dec 2013    Aston Villa 0 - Manchester United 3    EPL

Tottenham
29 Dec 2013    Tottenham 3 - Stoke City 0    EPL
26 Dec 2013    Tottenham 1 - West Bromwich Albion 1    EPL
22 Dec 2013    Southampton 2 - Tottenham 3    EPL
18 Dec 2013    Tottenham 1 - West Ham 2    CCUP
15 Dec 2013    Tottenham 0 - Liverpool 5    EPL

Narasi atas prediksi:
* Pasang surut telah dilalui oleh kedua tim khususnya sealam sebulan lalu. Yang menarik, publik pecinta bola sejagat bakal menyaksikan "tangan dingin" dari Tim Sherwood memoles Tottenham dengan pola permainan yang amat ofensif yang ia racik.

* Berlaga di Old Trafford, bagi MU, khususnya bagi Moyes menjadi tantangan ekstra, sementara lawan yang dihadapi Tottenham yang nota bene bukan skuat kacangan juga.

* Tottenham boleh jadi beroleh hasil positif dari duel melawan United kali ini. Apakah penampilan MU di bawah Moyes memang sudah benar-benar konstan, setelah mereka mengalahkan Norwich pekan lalu?

* Penampilan Emmanuel Adebayor terus menunjukkan ketajaman di lini depan, meski Spurs perlu lebih banyak lagi memberi kesempatan bertanding kepada dia.

Prediksi editor Antaranews.com:
Manchester United: 2
Tottenham: 1       
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014