Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 11 partai politik di Bali sepakat berkoalisi dalam Pilkada 2024 dengan nama yang saat ini diusung sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Bali adalah Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Made Muliawan Arya.

Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya atau akrab dipanggil di De Gadjah di Denpasar, Jumat, mengatakan salah satu bunyi kesepakatan mereka adalah mendukung bakal calon yang didukung Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto, sehingga pasangan itu yang didukung.

“Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang dicalonkan dan didukung oleh peserta rapat dalam Pilkada Bali 2024 adalah Dr. Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai bakal calon Gubernur Bali dan Made Muliawan Arya, S.E, M.H, sebagai bakal calon Wakil Gubernur Bali,” ucapnya.

Dalam Rapat Konsolidasi Koalisi Pilkada Bali itu 11 partai politik yang menyatakan bergabung diantaranya Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Prima, PSI, PKB, Partai Demokrat, Partai Gelora, PBB, Partai Garuda, dan PAN.

Meski namanya sudah mendapat restu dari Prabowo Subianto untuk maju Pilgub Bali, De Gadjah menegaskan bahwa koalisi ini bersifat linear dengan keputusan pusat, sehingga tak menutup kemungkinan terjadi perubahan.

“Jika ada perubahan dari pusat terkait pasangan ini, maka koalisi akan siap mendukung apa keputusan dari pusat,” ujarnya.

DPD Partai Gerindra sendiri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Rai Mantra sebagai politisi non partai yang mereka usung, dimana mantan Wali Kota Denpasar itu sudah menyatakan kesiapannya mengemban amanat dari Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto.

Terkait keputusan Prabowo menunjuk Ketua DPD Partai Gerindra Bali itu mendampingi Rai Mantra di Pilgub Bali, De Gadjah mengakatan tidak tau alasannya.

Yang jelas, kata dia, pertemuan 11 pimpinan partai politik di Bali hari ini menjadi pondasi awal dalam memetakan target kemenangan ke depan.

“Langkah selanjutnya nanti kami bicarakan, ini kan koalisi, saya tidak bisa bicara sendiri, tandatangan hari ini suatu bukti otentik bahwa apa yang diucapkan sudah disepakati dalam lembaran dan ini mengikat,” kata dia.
Baca juga: Partai pendukung Prabowo sepakat lanjut berkoalisi di Pilkada Bali
Baca juga: De Gadjah jawab isu maju Pilkada Bali bersama Giri Prasta

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024