Juga yang menarik dari festival kali ini adalah peningkatan aspek keberlanjutannya atau green festival. Di mana kita kerja sama juga untuk energi baru terbarukan kendaraan listrik dan pengelolaan sampah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung langkah penyelenggara Java Jazz 2024 yang memperhatikan sisi keberlanjutan atau green festival.
 
"Juga yang menarik dari festival kali ini adalah peningkatan aspek keberlanjutannya atau green festival. Di mana kita kerja sama juga untuk energi baru terbarukan kendaraan listrik dan pengelolaan sampah," ujar Sandiaga saat menghadiri Java Jazz Festival di Jakarta, Jumat.
 
 
Ia pun mengapresiasi penyelenggara yang siap mendaur ulang sampah yang dihasilkan selama pagelaran musik berlangsung tiga hari yakni pada 24-26 Mei 2024.
 
 
Dalam kunjungannya pada hari pertama festival musik ini, Sandiaga sempat berbincang dengan pengunjung yang berasal dari Filipina, Malaysia, Singapura hingga Thailand.
 
 
"Semuanya menyampaikan bahwa ini salah satu festival terbaik di Asia Tenggara. Jadi kita mesti bangga," ujarnya l.
 
 
Ke depan, Sandiaga berharap festival musik dapat ditingkatkan dari berbagai aspek, sehingga mampu memberikan dampak ekonomi yang berlipat bagi Indonesia.
 
 
"Kalau dilihat dari konser musik ini peningkatannya dua kali lipat di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang 5 persen. Jadi kita targetkan sekitar 10 persen dari total 3.000 konser kelas daerah menengah dan juga skala besar, nasional dan internasional," ujarnya.
 
 
Lewat sistem perizinan event atau perhelatan satu pintu yang tengah digodok oleh pemerintah, yang bertujuan untuk mengintegrasikan sistem perizinan hingga tiket hingga aspek penjualan berupa merchandise atau cenderamata, Sandiaga yakin festival musik di Indonesia tak hanya mampu meningkatkan dampak ekonomi tapi juga mampu menciptakan sekitar 250.000 lapangan kerja baru.

Baca juga: Menparekraf: Java Jazz Festival dorong penuhi target wisatawan 2024
Baca juga: Java Jazz Festival kembali digelar tahun ini

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024