PTN terbaik dan terbesar sekaligus tertua di Kalimantan dengan akreditasi A telah memiliki enam prodi akreditasi internasional
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menyiapkan sembilan program studi (prodi) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meraih akreditasi internasional, setelah berhasil mencapai status unggul pada akreditasi nasional.

"Kita perlu meningkatkan reputasi dan pengakuan di level internasional terhadap sembilan prodi unggulan di FKIP ULM ini," kata Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) ULM Prof Agung Nugroho di Banjarmasin, Jumat.

Adapun sembilan prodi itu yakni Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Geografi, Prodi Pendidikan Sejarah, Prodi Pendidikan Sosiologi, Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Prodi Pendidikan PKn, Prodi Pendidikan IPS, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Lembaga akreditasi pendidikan yang dituju Acquin (Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute) yang berkedudukan di Bayreuth, Bavaria, Jerman.

Agung menjelaskan, tim pusat akreditasi ULM kini terus berupaya memfasilitasi akreditasi baik terkait persiapan dokumen, pendampingan, simulasi akreditasi dan bantuan finansial yang diperlukan.

"Kini tim FKIP dan universitas bergotong-royong menyukseskan proses akreditasi ini agar dapat menyelesaikan persiapan akreditasi tepat waktu," katanya.

ULM sebagai PTN terbaik dan terbesar sekaligus tertua di Kalimantan dengan akreditasi A telah memiliki enam prodi akreditasi internasional, yakni
Prodi S1 Ilmu Tanah, Prodi S1 Agribisnis, Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian, Prodi S1 Kehutanan, Prodi S1 Pendidikan Dokter, dan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Akreditasi internasional diterbitkan dari lembaga akreditasi dunia yang diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs In Engineering Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathemathics), sebuah lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, dan biologi.

Pewarta: Firman
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024