Saat ini JCH Embarkasi Banjarmasin yang berada di Madinah, juga sudah mulai bergerak ke Makkah
Banjarmasin (ANTARA) -
Jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah berpakaian kain ihram sejak di asrama haji untuk diberangkatkan ke Arab Saudi.
 
Menurut Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Banjarmasin Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Jumat, sejak Kloter 09 JCH Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan langsung ke Makkah hingga diharuskan berpakaian ihram sejak di tanah air.

Baca juga: Kemenag: 92.000 Calhaj Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci
 
"Dari Kloter 01-08 masuk keberangkatan gelombang pertama nasional dengan tujuan Madinah, kemudian dari Kloter 09-19 masuk keberangkatan gelombang kedua nasional dengan tujuan ke Makkah," paparnya.
 
Keberangkatan langsung ke Makkah melewati Bandara Internasional Jeddah Arab Saudi, ungkap Tambrin, untuk Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin pada 23 Mei 2024 dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
 
"Selanjutnya sudah masuk asrama haji saat ini Kloter 10, dijadwalkan diberangkatkan pada 25 Mei 2024 sekitar pukul 12.25 WITA," kata Tambrin.
 
Karena saat sampai ke Makkah, ungkap Tambrin, para jamaah langsung mengerjakan umrah wajib.

Baca juga: 392 calon haji kloter 10 NTB tiba di tanah suci
 
Menurut dia, saat ini JCH Embarkasi Banjarmasin yang berada di Madinah, juga sudah mulai bergerak ke Makkah.
 
Sebagaimana diketahui, ungkap Tambrin, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan jamaah haji dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024.
 
Jumlahnya jamaah haji Embarkasi Banjarmasin pada 2024 sebanyak 5.759  orang dari 19 kloter, yakni sebanyak 4.071 orang dari Kalsel dan 1.688 orang dari Kalteng.
 
Tambrin  berpesan kepada jamaah agar mengikuti aturan dan petunjuk dari petugas Kloter yang menyertai jamaah, supaya semuanya kompak dan terkoordinasi.
 
"Taati dan ikuti juga arahan dan petugas dari ketua rombongan dan ketua-ketua regu yang telah ditunjuk," katanya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024