Festival jazz edisi ke-19 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta sejak Jumat (24/5) hingga 26 Mei 2024 ini mengusung tema "Embracing Unity Through Music
Jakarta (ANTARA) - Masyarakat yang ingin menghabiskan akhir pekan di Jakarta bisa memilih sejumlah pilihan acara untuk dinikmati mulai dari festival kuliner, seni, hingga pertunjukan musik salah satunya Java Jazz 2024.

Di antara acara ini ada yang gratis dan berbayar sehingga seluruh lapisan bisa menikmati acara-acara ini.

Berikut beberapa rekomendasi seperti disiarkan media sosial Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan sejumlah sumber, antara lain:

1. Festival Kuliner Taman Literasi

Beragam hidangan mulai dari camilan, makanan berat, minuman tersedia dalam festival kuliner yang berlangsung di Plaza Utara Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta sejak 22 Mei hingga 30 Juni 2024 ini.

2. Waku Waku Festival Vol.3

Bazaar bertemakan Jepang untuk komunitas dan para pencinta budaya Jepang ini berlangsung di Smesco Indonesia, Jakarta mulai hari ini hingga 26 Mei 2024 sejak pukul 10.00 WIB.

Sejumlah guest star yang meramaikan festival ini antara lain Kohi Sekai, Shojo Complex, Bigmongs, DDM+, Sherry Moe, Anizu Chie, Nath Liu, Roselewis, RAN, Atennya, Gochikara, Arigachuu, VIII Cos, JKT48, Twenty Nine Teens, Ivy, Lemon, Amai Monogatari, Sergie Vergio, Iamzen, Minerva Land, Nekodachi, dan Seira Capella.

3. Musikal "Aku, Chairil"

Pertunjukan yang diadakan Teater Keliling ini dijadwalkan berlangsung dua kali pada Sabtu ini yakni pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dalam acara teatrikal musikal ini, Teater Keliling akan menyuguhkan sebuah drama kehidupan Chairil Anwar yang berjuang untuk menemukan jati dirinya dalam dunia seni.

Dia sudah menulis puisi sejak remaja, namun tidak satupu puisi yang berhasil dia buat sesuai dengan keinginannya sehingga dia terus berjuang dan bertekad menjadi seorang seniman.

3. Java Jazz Festival 2024

Festival jazz edisi ke-19 yang diadakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta sejak Jumat (24/5) hingga 26 Mei 2024 ini mengusung tema "Embracing Unity Through Music". Ada sederet penampil yang berpartisipasi kali ini termasuk penyanyi-penulis lagu jazz Islandia peraih Grammy Award tahun 2024, Laufey, lalu penabuh drum handal The Yussef Dayes Experience.

Selain mereka, ada juga pemain terompet legendaris Randy Brecker sebagai tamu spesial bersama Scatter The Atoms That Remain, penyanyi- penulis lagu serba bisa asal Australia, Rai Thistlethwayte, dan grup jazz asal Inggris yang sedang naik daun, Yakul.

Penyelenggara juga memasukkan nama Eliane Elias, penyanyi sopran dan pianis Brasil peraih Grammy Award, 92914 (dibaca: Gu i Gu iL Sa), duo asal Korea Selatan, Jessie Reyez, Joyce Wrice, grup funk Scary Pockets, gitaris Thiago Genthil, serta Leo Amuedo, sebagai penampil dalam festival.

4. Bango Less Sugar Fit Festival

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung dalam acara yang diadakan di Gandaria City mulai Jumat (24/5) hingga 26 Mei mendatang ini antara lain periksa gula darah gratis dengan tenaga medis di zona edukasi dan konsultasi, kegiatan untuk mendorong gaya hidup aktif di zona gerak sehat, menikmati berbagai sajian lezat dan sehat di zona makan enak, dan mengikuti rangkaian kelas pound fit serta mencoba aneka resep menu sehat.

5. Pameran Seni Rupa Butet Kartaredjasa: “Melik Nggendong Lali”

Butet Kartaredjasa yang dikenal sebagai aktor dan penggiat seni pertunjukan mengajak Asmudjo J. Irianto sebagai kurator pameran bertajuk “Melik Nggendong Lali” di Amfiteater Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Melalui pameran yang diadakan sejak 26 April hingga Sabtu ini, Butet membawa pengunjung untuk menyelami spiritualitas dan realitas sosial-politik lewat karyanya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024