Sentani (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Bakti membangun jaringan internet di daerah kategori tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Kabupaten Jayapura, Papua.

Pembangunan base transceiver station (BTS) daerah 3T, bantuan Bakti Kemkominfo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura tersebut, di Kampung Pagai dan Kamikaro di Distrik Airu dan Kampung Marwai, Distrik Yokari.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Sabtu, mengatakan saat ini pendistribusian peralatan untuk pembangunan BTS ke tiga kampung tersebut sedang berlangsung.

“Kami sudah melakukan muatan untuk mendistribusikan peralatan yang akan dibangun BTS di Kampung Pagai, Kamikaro di Distrik Airu,” katanya.

Pihaknya menargetkan penyelesaian pembangunan BTS di dua kampung di Distrik Airu dan Kampung Marwai, Distrik Yokari kurang lebih sebulan.

“Tentu kami sangat berharap dengan pembangunan BTS ini masyarakat di tiga kampung tersebut bisa menikmati jaringan internet meski terbatas penggunaannya,” ujarnya.

Baca juga: APJII:program pemerintah ikut tingkatkan peneterasi internet daerah 3T

Dia menjelaskan pembangunan BTS sebagai lanjutan dukungan dari Bakti Kemkominfo, di mana Kabupaten Jayapura mendapat bantuan 45 lokasi.

“Pembangunan tower BTS sempat terhenti pada 2022, di mana realisasinya baru mencapai 42 lokasi, sehingga kelanjutan untuk mencapai target 45 dilakukan tahun ini di Kampung Pagai, Kamikaro, dan Marwai,” katanya.

Dia menjelaskan ketiga kampung ini bisa dikatakan sebagai daerah 3T karena dua kampung di bantaran Sungai Mamberamo dan satu kampung di pesisir, berhadapan dengan Samudera Pasifik.

“Dengan dipasangnya BTS ini semoga bisa menjawab kerinduan masyarakat di sana untuk dapat menggunakan internet sehingga bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber dengan hanya menggunakan telepon genggam atau Android,” ujarnya.

Baca juga: Pemprov Papua: Palapa ring timur hadir mengintegrasikan hingga ke 3T
Baca juga: Percepat akses internet kampung, Kemenkominfo tambah 13 BTS di Biak

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024