Pontianak (ANTARA News) - Puluhan rumah toko di Desa Seluas, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, ludes dilalap si jago merah menjelang pergantian tahun 2013--2014.

Menurut Mujidi, warga Bengkayang saat dihubungi dari Pontianak, Rabu, peristiwa itu terjadi ketika sebagian pemilik rumah toko tengah tidak berada di lokasi.

"Ada yang tengah berlibur ke luar Seluas, seperti ke Singkawang atau Pontianak," kata dia.

Jarak dari Seluas menuju Bengkayang hampir 100 kilometer. Jarak dari Bengkayang ke Pontianak sekitar 220 kilometer.

Mujidi mengutip pernyataan Syamsuri, Ketua RT 02 RW 001, Dusun Seluas, Desa Seluas, bahwa jumlah rumah toko yang terbakar sekitar 58 unit yang didiami sekitar 200 jiwa.

Bangunan yang terbakar itu mulai dari Bank BRI, tokoh bangunan, gudang bangunan, toko kelontong, toko pakaian, toko obat, bengkel, rumah makan, toko elektronik, rumah pribadi, foto copy, penjualan telepon selular.

Ia melanjutkan, selain bangunan, sebagian besar barang yang ada tidak dapat diselamatkan. Nilai kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Ia menambahkan, juga ada tiga korban luka bakar dalam peristiwa itu.

Diduga kejadian itu dipicu salah seorang anak yang bermain kembang api dan mengenai satu sepeda motor serta menimbulkan kebakaran..

Warga tidak dapat berbuat banyak karena ketiadaan pemadam kebakaran yang tiba sekitar pukul 03.00 WIB. Api padam sekitar satu jam kemudian.

Kecamatan Seluas terletak di wilayah perbatasan Kalbar dengan Sarawak.(*)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014