Kami kolaborasi dengan KSB yang ikut membantu pemantauan kondisi warga di ring satu perusahaan agar tetap tenang
Balikpapan (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melakukan pemantauan untuk memastikan warga sekitar kilang tidak terdampak insiden kebakaran yang melahap Crude Distillation Unit (CDU) VI Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan yang berada di Jalan Yos Sudarso Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

PT KPI Unit Balikpapan bekerja sama dengan sejumlah pihak agar masyarakat tetap kondusif, salah satunya juga berkoordinasi dengan Mitra Binaan Kampung Siaga Bencana (KSB) di wilayah Kampung Atas Air Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah, kata General Manager PT KPI Unit Balikpapan Bayu Arafat di Balikpapan, Sabtu.

"Kami kolaborasi dengan KSB yang ikut membantu pemantauan kondisi warga di ring satu perusahaan agar tetap tenang," katanya.

Masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap tenang karena kebakaran sudah dikuasai dan api sudah dipadamkan, lanjut dia, serta berhasil di lokalisasi melalui penanganan intensif dan defensif.

"Lokasi kejadian masih berada di area kilang, sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat," katanya.

Saat ini operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi dan wilayah sekitar, sedangkan unit lain tetap beroperasi normal.

Insiden kebakaran yang melahap CDU VI PT KPI Unit Balikpapan terjadi Sabtu sekitar pukul 04:25 WITA, dan tim pemadam KPI berhasil memadamkan api sekitar pukul 07:30 WITA.

PT KPI Unit Balikpapan terus memastikan kilang dalam kondisi aman, dan kejadian kebakaran tidak menyebabkan gangguan pada penyediaan bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat.

Baca juga: Pertamina jamin pasokan BBM normal meski ada kilang terbakar
Baca juga: Kebakaran di kilang Pertamina Balikpapan sudah teratasi
Baca juga: Pertamina fokus selesaikan proyek kilang minyak terbesar di Indonesia


Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024