Rinjani 100 Ultra ini merupakan salah satu 'event' internasional, hadir sebagai kebanggaan bagi Lombok Utara
Mataram (ANTARA) - Wakil Bupati Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Danny Karter Febrianto mengatakan ajang Rinjani 100 Ultra merupakan media promosi pariwisata untuk menggerakkan perekonomian daerah.

"Ke depannya 'event' seperti ini terus kita laksanakan setiap tahun," kata Danny Karter saat melepas peserta lomba lari lintas alam itu di Desa Senaru Kecamatan Bayan, Lombok Utara, dalam keterangan di Mataram, Sabtu.

Rinjani 100 Ultra berlangsung pada 24 hingga 25 Mei 2024 dengan berbagai kategori mulai dari 162 kilometer yang start dari Blanting, 36 dan 27 Sembalun Lombok Timur. Sedangkann100 kilometer dan 60 kilometer start dari Senaru Lombok Utara menuju Sembalun.

"Rinjani 100 Ultra ini merupakan salah satu 'event' internasional, hadir sebagai kebanggaan bagi Lombok Utara," katanya.

Ia mengatakan Senaru sebagai salah satu pintu masuk ke Gunung Rinjani, dengan keindahan alam yang dimiliki Desa Senaru memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun, budaya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Baca juga: BTNGR: Rinjani 100 Ultra promosi efektif datangkan turis asing

"Selamat berlomba mari kita sukseskan kegiatan ini, dan kita harapkan bisa berjalan dengan lancar hingga finis," katanya.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Rinjani 100 Dian Rahmat Sukmara mengatakan setiap tahun Rinjani 100 Ultra dilaksanakan, namun untuk Lombok Utara sendiri baru bisa digelar 2024 setelah sebelumnya terhenti akibat gempa dan pandemi COVID-19.

"Pada 2024 'event' ini mengambil lokasi start di dua wilayah yakni Lombok Timur tempatnya di Sembalun dan pantai Belanting, sedangkan Lombok Utara di Desa Senaru," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan ajang Rinjani 100 Ultra diikuti oleh 43 negara dan kategori yang paling banyak diikuti yakni di katagori 36 kilometer.

Kegiatan ini sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi di mana setiap tahun penyelenggaraan ajang mendapatkan suport dari Kemenparekraf.

"Antusias para peserta Rinjani 100 begitu tinggi baik dari peserta asal Indonesia maupun mancanegara, harapannya berjalan lancar, para peserta yang ikut dapat finis dengan sehat," katanya.

Baca juga: Rinjani 100 Ultra diikuti 29 negara

Baca juga: TNGR buka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024