Kegiatan tersebut dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi suasana keluargaan sesama para pengungsi tersebut,"
Medan (ANTARA News) - Ribuan warga korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Rabu, merayakan Tahun Baru 2014 dengan penuh sederhana di sejumlah lokasi penampungan Kabanjahe.

Ketua Media Center Penanganan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Tarigan ketika dihubungi dari Medan, menyebutkan meski para pengungsi dalam suasana mengalami musibah bencana alam, namun tetap penuh semangat merayakan Tahun Baru 2014.

Pemkab Karo, menurut dia, tetap mengupayakan para pengungsi yang tinggal di lokasi penampungan dapat merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi suasana keluargaan sesama para pengungsi tersebut," ucap Jhonson.

Dia menyebutkan, sejumlah pengungsi kelihatan meneteskan air mata pada Tahun Baru tersebut, karena membayangkan rumah, kebun, hewan ternak mereka ditinggalkan selama ini di kampung dan tidak ada yang mengurus.

"Para pengungsi erupsi Gunung Sinabung merasa sedih dan beberapa bulan lamanya tinggal di tempat penampungan," ujarnya.

Ketika ditanya jumlah pengungsi erupsi Sinabung saat ini, Jhonson mengatakan, Selasa (31/12) bertambah jadi 19.286 jiwa atau 6.054 kepala keluarga.(*)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014