Seluruh jamaah yang telah tiba mendarat melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 90.132 orang calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi pada hari keempat belas operasional haji Indonesia, Sabtu.
 
"Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 21:00 Waktu Arab Saudi atau Sabtu, 25 Mei 2024 pukul 01:00 WIB, jamaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 90.132 orang," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu.
 
Widi menjelaskan seluruh jamaah calon haji yang sudah tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jamaah yang terbagi ke dalam 229 kelompok terbang (kloter).
 
Selain itu, sambungnya, seluruh jamaah yang telah tiba mendarat melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Baca juga: PPIH: 25 calon haji Jatim gagal dan tunda berangkat ke Tanah Suci
Baca juga: Kemenhub tegur-tindak tegas Garuda Indonesia perbaiki layanan haji
 
Di samping itu, ia juga mengumumkan bahwa hingga kini terdapat sebanyak 11 orang calon haji Indonesia yang dinyatakan meninggal dunia.
 
Sebagai informasi, Kemenag menyatakan seluruh jamaah haji yang meninggal dunia setelah masuk embarkasi dan sebelum keluar dari debarkasi akan mendapatkan asuransi dan akan dibadalhajikan.
 
Kemenag juga menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Selain itu, Kemenag juga mengimbau seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024