Dengan mengikuti pameran tersebut, diharapkan produk UMKM dari Kabupaten Aceh Selatan bisa dikenal lebih luas lagi
Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Selatan memamerkan produk usaha mikro kecil dan menengah daerah itu di ajang Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) yang berlangsung di Jakarta.

Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan Yuliani Irvana di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan produk yang dipamerkan tersebut berupa busana muslimah karya UMKM Putri Pala.

"Selama ini, UMKM Putri Pala aktif melahirkan berbagai karya kreatif seperti busana muslim yang masih dipasarkan di pasaran lokal. Dengan mengikuti pameran tersebut, diharapkan produk UMKM dari Kabupaten Aceh Selatan bisa dikenal lebih luas lagi," katanya.

Yuliani Irvana mengatakan pameran busana muslim tersebut digelar di Sarinah Mall Jakarta pada 24 hingga 26 Mei 2024.

​​​​Pameran tersebut menjadi ajang promosi produk UMKM, tidak hanya dari Kabupaten Aceh Selatan, tetapi juga daerah lainnya di Provinsi Aceh.

Baca juga: Dekranasda maksimalkan pembinaan perajin tingkatkan daya saing produk

Baca juga: Rumah Malaka batik Aceh Besar hasilkan enam motif khas


Selain busana muslim, kata dia, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan juga memamerkan produk khas daerah seperti kain bordir dan batik dengan motif Situnjuang maupun Senuwan, yang merupakan dari Suku Kluet. Suku Kluet merupakan satu dari beberapa suku di Kabupaten Aceh Selatan.

"Kehadiran Aceh Selatan pada pameran tersebut mendapat antusias pengunjung. Selain promosi produk UMKM, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan serta mewariskan warisan budaya masyarakat Kabupaten Aceh Selatan," kata Yuliani Irvana.

Sementara itu, Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengapresiasi penyelenggaraan AMFF oleh Pemerintah Aceh.

AMFF merupakan kegiatan yang memberikan informasi produk-produk UMKM yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap ajang ini juga berdampak pada pengembangan produk-produk UMKM di Kabupaten Aceh Selatan. Apalagi, UMKM memberikan banyak kontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Dekranasda harap Aceh menjadi pusat fesyen muslim nusantara

Baca juga: Pemerintah Aceh harapkan program satu desa satu produk terealisasi

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024