kita dilatih untuk menyembelih hewan secara ihsan (baik) sesuai hadis dan sunnah
Tanjungpandan (ANTARA) - Sebanyak 129 peserta dari berbagai kalangan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti kegiatan pelatihan juru sembelih halal (Juleha) tahun 2024, guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam menyembelih hewan kurban.

"Alhamdulillah, jumlah peserta pelatihan Juleha Babel Batch VI ini melebihi target awalnya 100 orang namun jumlah peserta yang mendaftar mencapai 129 peserta," kata Ketua Pelatihan Juleha Babel Batch VI, Wahidun di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, tujuan pelatihan juru sembelih halal ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman masyarakat tentang penyembelihan hewan ternak yang sesuai dengan syariat Islam.

Ia mengatakan, selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Penyembelihan hewan yang sesuai dengan syariat Islam sangat penting dipahami oleh masyarakat apalagi dalam waktu dekat kita akan merayakan Idul Adha 1445 Hijriah," ujarnya.

Pemateri dalam kegiatan pelatihan juru sembelih halal tersebut adalah Ustadz Aidil Putra Zulkarnaen alumni Universitas Islam Madinah dan Dr.drh. Supratikno M.Si., PAVet dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca juga: 20 jagal sapi di NTB kantongi sertifikat juru sembelih halal
Baca juga: Juleha sembelih sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Palembang


Selain dibekali dengan materi, lanjut dia, para peserta juga akan melaksanakan kegiatan praktik langsung penyembelihan hewan dengan didampingi dan dibimbing oleh para pemateri.

"Materi yang diberikan meliputi fikih kurban, penanganan hewan kurban, dan praktik penyembelihan hewan kurban," katanya.

Sementara itu, Ketua Juleha Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nanang Lasmana di Tanjung Pandan mengatakan pelatihan juru sembelih halal bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus belajar bagaimana aturan dan tata cara penyembelihan hewan yang halal secara syar'i.

"Di Belitung ada 129 peserta dan di Bangka kemarin ada 150 peserta sehingga target peserta tercapai dan kami ucapkan terima kasih karena para panitia sudah kompak," ujarnya.

Ia berharap, setelah mendapatkan ilmu dari pelatihan pada hari ini peserta juga diharapkan meneruskan dan berbagi ke masyarakat.

"Apalagi peserta pada hari ini ada yang berasal dari DKM masing-masing masjid. Inti pelaksanaan kurban adalah penyembelihan bukan gemuk atau besarnya hewan namun adalah penyembelihannya. Hari ini kita dilatih untuk menyembelih hewan secara ihsan (baik) sesuai hadis dan sunnah Nabi Muhammad SAW," katanya.

Baca juga: Bangka Belitung latih juru sembelih hewan kurban
Baca juga: Pemprov Jatim siapkan 1.276 "juleha" sambut Idul Adha
Baca juga: Yogyakarta ajak juleha sosialisasi penyembelihan kurban sesuai syariat

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024