Kuching, Sarawak, (ANTARA) - Wartawan dari 11 negara menghadiri rangkaian Hari Wartawan Nasional (Hawana) Malaysia yang digelar di Kuching, Sarawak, pada 25 - 27 Mei 2024, menurut Menteri Komunikasi Malaysia Fahmi Fadzil.

Fahmi usai membuka Pameran Hawana di Kuching, Sabtu, mengatakan selain dari Malaysia, wartawan dari 11 negara ikut hadir, di mana enam di antaranya berasal dari Asia Tenggara.

Ia mengatakan berharap pada 2025, saat Malaysia menduduki posisi Keketuaan ASEAN, akan lebih banyak lagi wartawan dari Asia Tenggara yang diundang untuk hadir.

Sebelumnya, menurut Fahmi, pelaksanaan Hawana 2024 di Sarawak menjadi landasan tepat untuk mempersiapkan praktisi media lokal yang selanjutnya memperkokoh hubungan dengan rekan se-Asia Tenggara, sesuai dengan pemilihan Malaysia sebagai Keketuaan ASEAN.

Ia juga mengatakan Hawana kali ini menjadi platform utama bagi wartawan ASEAN yang hadir untuk saling mengupas isu-isu berkaitan sekaligus mempersiapkan negara agar memainkan peran yang berdampak selaku Ketua ASEAN.

Fahmi mengatakan dapat mengambil inspirasi dari pembentukan Ikatan Setiakawan Malaysia -Indonesia (ISWANI) yang menjadi forum bagi kedua-dua negara saling bertukar nilai kewartawanan.

Menurut dia, kerja sama antara organisasi media melibatkan negara-negara ASEAN perlu ditingkatkan termasuk, melalui organisasi Hawana.

Hawana 2024 mengangkat tema “Etika Inti dari Jurnalisme Mapan”, dan acara puncaknya yang jatuh pada Senin (27 Mei 2024) rencananya akan dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024