Jakarta (ANTARA) - Berita tentang PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan menyatakan kebakaran yang terjadi di wilayah operasionalnya hingga Kementerian Perdagangan menemukan 11 titik Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) diduga mengurangi pengisian gas subsidi LPG 3 kilogram (kg), mewarnai pemberitaan bidang ekonomi kemarin (25/5).


Berikut rangkuman berita selengkapnya

1. Kebakaran di kilang Pertamina Balikpapan sudah teratasi

PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan menyatakan kebakaran yang terjadi di wilayah operasionalnya pada Sabtu dini hari pukul 05.06 WITA, sudah berhasil dipadamkan pada pukul 07.30 WITA.

"Alhamdulillah tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi, dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," ujar General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu.

Simak berita selengkapnya di sini.


2. Pertamina jamin pasokan BBM normal meski ada kilang terbakar

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak tetap berjalan normal meski pada Sabtu (25/5) dini hari terjadi kebakaran yang melahap Crude Distillation Unit (CDU) VI di Kilang Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kebakaran tidak menyebabkan gangguan pada penyediaan BBM ke masyarakat," jelas General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Bayu Arafat di Kota Balikpapan, Sabtu.

Simak berita selengkapnya di sini.


3. KKP bangun Kampung Nelayan Modern Pekalongan Rp21,8 miliar

Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan anggaran untuk membangun Kampung Nelayan Modern (Kalamo) Setono di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, senilai Rp21,8 miliar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Pekalongan, Sabtu, mengatakan Program Kampung Modern Nelayan merupakan upaya pemerintah mengubah wajah kampung nelayan tradisional menjadi modern.

Simak berita selengkapnya di sini.


4. ASI: Kemenperin dan BKPM bakal rakor soal status pabrik semen di Aceh

Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Lilik Unggul Raharjo mengatakan bahwa Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bakal menggelar rapat koordinasi untuk membahas status pendirian pabrik semen di Aceh Selatan.

"Minggu depan akan ada rapat koordinasi antara Kementerian Perindustrian dan BKPM dan akan memeriksa status perizinan via OSS Semen Hongshi yang di Aceh serta Semen Wonogiri,” kata Lilik dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Simak berita selengkapnya di sini.


5. Mendag sebut 11 SPBE ditemukan lakukan kecurangan pengisian LPG 3 kg

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pihaknya menemukan sebanyak 11 titik Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) yang diduga melakukan kecurangan dalam pengisian gas subsidi LPG 3 kilogram (kg).

“Nah hari ini kita temukan, harusnya 3 kilogram ternyata isinya antara 2,2 kg sampai 2,8 kg. Sudah ditemukan 11 titik,” kata Mendag dalam ekspose temuan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) terkait hasil pengawasan Barang dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) gas elpiji 3 kg di PT Patra Trading SPBBE Tanjung Priok di Jakarta, Sabtu.

Simak berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024