Alhamdulillah, jaringan selesai diperbaiki dan pasokan listrik kembali normal menyala seratus persen
Bandarlampung (ANTARA) - PLN telah mengatasi kelistrikan di Suoh Lampung Barat, Provinsi Lampung yang terganggu akibat bencana tanah longsor di Kecamatan Bandar Negeri Suoh pada Jumat (24/5).

"Longsor terjadi pada hari Jumat (24/5) sekitar pukul 19:37 WIB. Sebelum terjadi longsor, cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang cukup tinggi mengguyur di beberapa wilayah Kabupaten Lampung Barat," kata, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pringsewu Himawan Witjaksono, dalam keterangannya di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan Kecamatan Bandar Negeri Suoh Lampung Barat menjadi salah satu lokasi yang terdampak akibat bencana longsor. Sebab, material-material longsor telah menyebabkan rusaknya infrastruktur jaringan listrik PLN hingga pasokan listrik menuju Kecamatan Bandar Negeri Suoh terputus.

Menurutnya, longsor yang terjadi Jumat malam tersebut mengakibatkan patahnya satu batang tiang listrik dan rusaknya konstruksi jaringan tegangan menengah (JTM) di beberapa titik lokasi.

Baca juga: BNPB ingatkan warga di Pringsewu Lampung antisipasi banjir susulan
Baca juga: Pemkot Bandarlampung salurkan bantuan ke warga terdampak banjir 


Hal itu mengakibatkan terputusnya pasokan listrik untuk 46 gardu distribusi dengan jumlah pelanggan yang padam sekitar 5.016 pelanggan.

Pihaknya telah menerjunkan 30 orang personel gabungan dari PLN UP3 Pringsewu dan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Liwa beserta material utama berupa satu batang tiang beton pengganti dan material pendukung lainnya guna mempercepat pemulihan pasokan listrik.

"Alhamdulillah, jaringan selesai diperbaiki dan pasokan listrik kembali normal menyala seratus persen pada hari ini menjelang magrib," ujar Himawan.

Sementara, Hafizd selaku Manager ULP Liwa mengatakan material longsor yang menutup akses jalan sedikit mempersulit tim untuk bergerak melakukan perbaikan.

Kendati demikian, berkat bantuan dan bersinergi bersama pihak-pihak terkait, akses jalan kembali normal dengan cepat sehingga upaya pemulihan khususnya kelistrikan juga dapat cepat teratasi.

Hal itu dikatakan Hafizd saat sedang melakukan perbaikan jaringan listrik di lokasi terdampak longsor tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, BPBD, tim SAR serta pihak- pihak terkait yang telah bersinergi membantu dalam upaya percepatan pemulihan khususnya kelistrikan," tutupnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024