Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyerahkan Very Small Aperture Terminal (VSAT) untuk empat lokasi yang tersebar di Kabupaten Biak Numfor guna mempercepat penetrasi internet.

“Jadi Pemda Biak Numfor menerima penyediaan akses internet (VSAT 6 Mbps) sharing publik untuk empat lokasi, yakni Puskesmas Saribi dan SMP N 1 Kameri yang ada di Pulau Numfor, kemudian SMP N 2 Padaido dan VSAT M-Internet di Dinas Kominfo Biak,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Minggu (26/5).

Menurut Ridwan, penyerahan VSAT tersebut pada Sabtu (25/5), melalui program penyediaan sarana prasarana informasi publik pada Dinas Kominfo Papua tahun anggaran 2024.

“Untuk membangun Papua membutuhkan kerja bersama dalam semua sektor, termasuk di dalamnya penguatan akses internet,” ujarnya.

Dia menyampaikan terima kasih bagi instansi terkait yang telah memprakarsai upaya percepatan penetrasi internet di seluruh Bumi Cenderawasih.

Baca juga: Pj Gubernur PBD: Membangun pendidikan butuh kolaborasi lintas sektoral

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Papua, Jeri A. Yudianto mengatakan bantuan internet yang diberikan bertujuan mendukung layanan literasi digital di wilayah setempat.

"Intinya bantuan yang diserahkan Kominfo Papua untuk mendukung percepatan penetrasi Internet di Papua, dengan lokus utama tempat atau fasilitas publik yang belum terjangkau fixed broadband oleh operator. Sekaligus untuk melengkapi program yang ada dari pusat,” katanya.

Menurut Jeri, khusus di Kota Jayapura, penyediaan akses internet melalui Wi-Fi gratis, akan menyasar di kampung-kampung dan tahun ini dialokasikan di Kampung di Skow, Yoka serta Nafri. Selain Kayu Pulo, Enggros dan Tobati yang sudah eksisting dari beberapa tahun lalu.

“Termasuk memfasilitasi beberapa rumah ibadah, seperti di Kantor Klasis Jayapura,"ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur minta tiga kabupaten untuk tingkatkan pelayanan publik

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024