Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 5.857 calon haji Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi pada hari ke-15 operasional haji Indonesia, Ahad.
 
Seluruh calon haji yang tergabung ke dalam kelompok tersebut akan diterbangkan langsung menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, dan akan langsung bertolak menuju Makkah.
 
"Hari ini, Minggu 26 Mei 2024 terdapat 15 kelompok terbang dengan jumlah jamaah haji 5.857 orang, akan diterbangkan ke Jeddah," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta.
 
Secara rinci, Widi menyebutkan seluruh  calon haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter dan Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter.
 
Selanjutnya, Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 440 orang atau satu kloter.
   
"Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter, Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 371 orang atau satu kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Widi, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.080 orang atau tiga kloter dan Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.
 
Selanjutnya, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 orang atau satu kloter.
   
Diketahui, Kemenag menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Selain itu, Kemenag juga mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji

Baca juga: Wamen Agama memberangkatkan calon haji asal Sleman menuju Donohudan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024