Kami mendukung sports tourism, karena dengan cara ini bisa mengangkat pariwisata di Cirebon dan sekitarnya
Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, mulai fokus mengembangkan “sports tourism” untuk mempromosikan sektor pariwisata serta menarik lebih banyak turis agar berkunjung ke kota tersebut.
 
“Kami mendukung sports tourism, karena dengan cara ini bisa mengangkat pariwisata di Cirebon dan sekitarnya,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Minggu.
 
Ia menjelaskan sports tourism merupakan sebuah kegiatan olahraga yang dilaksanakan untuk mengenalkan pariwisata, atau mempromosikan destinasi menarik pada daerah yang menjadi tuan rumah dari acara itu.
 
Menurut dia, contoh dari penerapan konsep tersebut dapat dilihat pada perhelatan ajang balap sepeda bertajuk “Cycling de Jabar 2024”.
 
Dalam ajang tersebut, kata Agus, lebih dari seratus peserta berkumpul di Kota Cirebon dan memulai perjalanan untuk menaklukkan rute sepanjang 213 km dengan titik akhir berada di Pangandaran.
 
“Kemarin pelaksanaannya putaran ketiga sudah dilaksanakan lancar, Kota Cirebon dipercaya sebagai tempat pemberangkatan. Ajang besar seperti ini pun sangat berdampak terhadap perekonomian,” ujarnya.
 
Ia memastikan Kota Cirebon menjadi tuan rumah atau lokasi pemberangkatan peserta dalam ajang balap sepeda itu pada 2025.
 
Agus menyebutkan melalui kegiatan tersebut pihaknya bisa mempromosikan berbagai keunikan yang ada di Kota Cirebon kepada para peserta, misalnya mengenalkan destinasi wisata sejarah hingga beragam kuliner khasnya.
 
Selain itu, pihaknya menjamin kalau Kota Cirebon sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk melaksanakan ajang sports tourism.
 
“Sudah berdiskusi dengan Pj Gubernur, tahun depan rutenya Cirebon-Jatiluhur. Selain balap sepeda, nanti tanggal 14 Juli 2024 ada ajang lari 10 km. Informasi terakhir ada 5.000 peserta yang daftar,” katanya.
 
Agus menambahkan bahwa perekonomian di Kota Cirebon sangat bergantung pada sektor perdagangan serta jasa. Termasuk bidang pariwisata.
 
Oleh karenanya, Pemkot Cirebon berupaya agar kunjungan wisatawan bisa meningkat pada 2024. Sebab di tahun 2023 realisasinya tercatat sebanyak 3,5 juta wisatawan.
 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024