Garut (ANTARA) - Seniman ternama asal Garut Iwan Muri memamerkan 150 lukisan mini wajah para tokoh daerah, nasional, dan internasional dalam rangka memberikan hiburan dan edukasi tentang karya seni rupa kepada masyarakat luas di kawasan pusat perbelanjaan Citimall Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Lukisan kecil ini mewakili dari berbagai elemen tokoh, ada tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, politisi, musisi, budayawan, dan seniman juga ada. Jadi berbagai tokoh," kata seniman lukis mini Iwan Muri di sela-sela pameran lukisannya di Citimall Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Minggu.

Ia menuturkan pameran itu berlangsung sejak Jumat (24/5) sampai Minggu, yang terbuka untuk umum menikmati karya seni lukisannya dari mulai skala terkecil 1x1,5 cm dan seukuran kotak korek api sebanyak 150 lukisan, sampai skala normal sebanyak 25 lukisan.

Karya lukis skala kecil itu, kata dia, merupakan lukisan para tokoh yang mendapatkan respons antusiasme masyarakat berbagai kalangan yang tertarik terhadap karya tersebut.

"Saya pameran di sini animo masyarakat pengunjung sangat luar biasa," kata Iwan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komite Seni Rupa Garut.

Baca juga: Perupa Purbalingga pameran tunggal bertema pohon kehidupan

Ia menyampaikan bahwa pameran lukisan itu upaya menunjukkan kepada masyarakat luas agar mengetahui tentang berbagai karya lukisnya, sehingga bisa tertarik dan menikmati lukisan.

Ia berharap pameran lukisan tersebut tidak hanya digelar di mal bekerja sama dengan Gramedia, tetapi selama ini sudah banyak berbagai pihak termasuk pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pameran lukisan.

"Harapan ke depan bisa sinergi dengan berbagai pihak, tidak hanya dinas atau pemerintah daerah. Dari berbagai pihak juga banyak yang sudah mengajak," katanya.

Salah seorang pengunjung pameran lukisan, Ningrum mengatakan kagum dengan karya seni lukisan yang ukurannya mini, berbeda dengan ukuran yang selama ini sering dilihat.

Menurut dia, ada keunikan dari lukisan mini tersebut, dan baru pertama kali melihatnya, sehingga menjadi daya tarik dan ingin tahu bagaimana cara membuat lukisan sekecil itu.

"Bagus ya, semuanya bagus, ada lukisan yang kecil, saya enggak menyangka ada lukisan sekecil ini, mulai dari tokoh dunia dan tokoh Garut juga ada, baru tahu ada ukuran kecil seperti ini," kata Ningrum.

Baca juga: Seniman Ponorogo gelar pameran lukisan anak

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Luna Aviantrini mengapresiasi kegiatan pameran lukisan karya Iwan Muri seorang perupa dengan banyak prestasi dan penghargaan.

Ia mengatakan karya seni itu telah membuat kebanggaan bagi masyarakat Garut, dan sekaligus sudah mengenalkan Garut kepada masyarakat luas melalui lukisan.

"Alhamdulillah Garut memiliki seorang perupa yang luar biasa seperti Kang Iwan Muri dengan banyaknya prestasi dan penghargaan yang diterimanya, yang menjadi kebanggaan masyarakat Garut karena memperkenalkan Garut melalui karya-karyanya yang luar biasa dan spektakuler," katanya.

Ia berharap adanya pameran lukisan itu menjadi inspirasi bagi perupa pemula dari Garut untuk terus semakin semangat berkarya dan meraih prestasi seperti yang telah diraih Iwan Muri peraih penghargaan Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai Pelukis Tercepat, Terkecil, dan Terbanyak se-Indonesia.

Baca juga: Seniman Yoes dan Wina tampilkan karya lukis dari benda terbuang

"Saya yakin banyak perupa hebat di Garut yang perlu mendapat apresiasi yang layak dari masyarakat, salah satunya melalui pameran-pameran tunggal atau berkolaborasi dengan komunitas lain," kata Luna.
Pengunjung melihat lukisan mini karya Iwan Muri di Citimall, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (26/5/2024). (ANTARA/Feri Purnama)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024