"Pada tahapan ini kami melakukan perpanjangan masa pendaftaran di beberapa kecamatan karena belum memenuhi kuota dua kali kebutuhan petugas di kelurahan,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan tahapan rekrutmen Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) yang akan bertugas pada Pilkada 2024.

"Pada tahapan ini kami melakukan perpanjangan masa pendaftaran di beberapa kecamatan karena belum memenuhi kuota dua kali kebutuhan petugas di kelurahan," kata Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Imam Ghozali di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia, perpanjangan masa pendaftaran tersebut sesuai dengan Keputusan Badan Pengawas Pemilu Nomor 215/HK.01.01/K1/05/2024 tentang Pedoman pelaksanaan pembentukan panwaslu kelurahan desa untuk Pemilu tahun 2024.

Ia menjelaskan, Bawaslu Kota Pangkalpinang telah membuka pencalonan anggota PKD Pilkada 2024 pada 18-21 Mei 2024, namun masih ada beberapa kecamatan yang belum sesuai ketentuan jumlah pendaftar sehingga dilakukan perpanjangan masa pendaftaran pada 22 hingga 24 Mei 2024.

"Kemarin kita sudah mengumumkan peserta yang mencalonkan diri untuk mengisi posisi PK melalui laman website maupun media sosial Bawaslu kota Pangkalpinang," katanya.

Total pendaftar sebanyak 125 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 59 orang dan perempuan 66 orang.

"Saat ini kami membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan atau tanggapan perihal nama nama calon PKD yang sudah diumumkan," katanya.

Proses selanjutnya, kata dia, Bawaslu bersama Panwaslu Kecamatan akan melaksanakan tahapan wawancara di kecamatan masing-masing berdasarkan calon yang mendaftar di kecamatan masing masing.

Proses ini akan berlangsung 27-28 Mei 2024 di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing dan para peserta akan diwawancarai oleh para anggota Panwaslu Kecamatan setempat.

Hasil wawancara dan pengumuman PKD terpilih akan disampaikan 31 Mei 2024 secara serentak di tujuh kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Pada proses ini kami akan memilih sebanyak 42 orang PKD yang nantinya akan bertugas di kelurahan masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024