Saya ingin orang tidak hanya tahu pempek Palembang, tapi orang-orang lebih tahu kuliner dari Kabupaten Pali seperti ikan sagarurung,
Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang kuliner.
 
 
"Pali merupakan wilayah dengan penduduk yang kebanyakan berprofesi di bidang perkebunan dan pertanian. Oleh karena itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kami lakukan melalui UMKM di bidang kuliner," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Pali Raden Abdul Rahman di Palembang, Minggu.
 
 
Ia mengatakan bahwa Pali memiliki potensi dengan kuliner khas daerah nya yang tidak kalah kualitas nya dengan pempek Palembang seperti ikan sagarurung.
 
 
"Kekayaan potensi alam seperti ikan gabus, toman, dan sagarurung yang dimiliki sangat melimpah di Pali oleh karena itu kami optimistis bisa memanfaatkan di bidang kuliner ini," katanya.
 
 
Menurut dia, era digital saat ini juga harus dimanfaatkan untuk hal yang luar biasa seperti pemanfaatan menjual hasil produksi UMKM Pali ke daerah lainnya.
 
 
Ia juga berharap pelaku UMKM bisa menjual hasil produksi secara luas, tentunya akan banyak menciptakan tenaga kerja baru sehingga mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
 
Menurut dia, wilayah Kabupaten Pali memiliki potensi yang besar di bidang UMKM dan dapat memacu pertumbuhan perekonomian warga.
 
 
Apabila warga mampu lebih baik dalam berinovasi, maka potensi yang dimiliki dapat dilihat oleh orang-orang dari luar wilayah Sumsel yang sudah terkenal dengan makanan pempek.
 
 
"Saya ingin orang tidak hanya tahu pempek Palembang, tapi orang-orang lebih tahu kuliner dari Kabupaten Pali seperti ikan sagarurung," ujarnya.
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024