"Terutama pada Pilkada serentak tahun ini saya harapkan kepada Bawaslu dan Panwascam OKU Timur untuk mewujudkan zero konflik selama pelaksanaan pemilihan di lapangan,"
Martapura (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Lanosin Hamzah mengingatkan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah itu.

Hal itu dikatakan Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat pelantikan sebanyak 60 Panwascam di wilayah setempat di Aula Hotel Puri Parai Tani, Kecamatan Martapura, Sumsel, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menitipkan pesan bagi penyelenggara pemilu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 agar bersikap netral bagi setiap pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati ataupun Gubernur dan Wakil Gubernur.

Para penyelenggara pemilu harus bisa menjaga dan mempertahankan empat pilar kebangsaan guna mewujudkan pemilihan umum yang aman, tentram, jujur dan adil.

"Terutama pada Pilkada serentak tahun ini saya harapkan kepada Bawaslu dan Panwascam OKU Timur untuk mewujudkan zero konflik selama pelaksanaan pemilihan di lapangan," ujarnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Timur, Sunarto mengatakan bahwa Panwascam yang dilantik ini telah dinyatakan lulus beberapa tahap seleksi sebelumnya.

"Mereka akan menjalankan tugas membantu Bawaslu OKU Timur selama sembilan bulan ke depan," kata dia.

Ia berharap Panwascam mampu bekerja dengan netral dan berimbang sebagai garda terdepan dalam pengawasan pelaksanaan demokrasi di setiap kecamatan di wilayah itu.

"Bagi masyarakat yang mendengar ataupun melihat dan memiliki bukti adanya pelanggaran pemilu, silahkan laporkan ke Panwascam yang nanti akan diproses ke Gakumdu OKU Timur untuk dibahas di tingkat Bawaslu," ungkapnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024