Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan segera memperbaiki jembatan di Desa Negeri Ratu, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang putus akibat diterjang banjir bandang pada Kamis (23/5).

"Kami siap membantu pembangunan Jembatan Pipa Negeri Ratu yang putus agar aktivitas masyarakat kembali normal," kata Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Baturaja, Kabupaten OKU, Minggu.

Dia mengatakan, pembangunan jembatan diupayakan dilakukan menggunakan dana APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2024.

Pemprov Sumsel juga siap membantu sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum lainnya yang rusak akibat dihantam banjir luapan Sungai Ogan.

Baca juga: Dua unit jembatan gantung di OKU putus diterjang banjir bandang

Dalam kunjungan ke Kabupaten OKU, Agus Fatoni juga menyerahkan sejumlah bantuan sembako dan obat-obatan kepada Pemkab OKU untuk didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 12,5 ton sembako, selimut, perlengkapan bayi, dan obat-obatan.

Ia berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat Kabupaten OKU yang dilanda bencana alam.

"Bantuan ini merupakan wujud kebersamaan kita sebagai masyarakat Sumsel untuk bahu-membahu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam," ujarnya.

Baca juga: Empat jembatan gantung di OKU putus diterjang banjir

Sementara, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa banjir yang terjadi kali ini merupakan kedua kalinya melanda selama periode Mei 2024.

Berdasarkan data sementara banjir kali ini melanda sembilan kecamatan di Kabupaten OKU, yakni Kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan, Muara Jaya, Semidang Aji, Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Barat, Baturaja Timur, dan Lubuk Batang.

Bencana alam tersebut tidak hanya merendam ribuan rumah penduduk, namun juga merusak sejumlah fasilitas umum seperti jembatan hingga mengganggu aktifitas masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Dua unit jembatan gantung di OKU Selatan putus diterjang banjir

"Jembatan putus ini menjadi persoalan yang harus segera diatasi terutama di Desa Negeri Ratu karena menjadi akses utama bagi masyarakat setempat," ujar dia.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024