Banjarmasin (ANTARA) -
Embarkasi Haji Banjarmasin, Kalimantan Selatan memberangkatkan jemaah calon haji (JCH) Kloter 11 yang berasal dari Kabupaten Tanah Laut dan Banjar pada Minggu sekitar pukul 22.10 WITA ke Jeddah, Arab Saudi.
 
Menurut Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPHI) Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin di Asrama Haji di Kota Banjarbaru, Minggu, JCH Kloter 11 berjumlah  320 orang.
 
"Sebelum keberangkatan mereka melaksanakan mandi Sunnah ihram dan berpakaian ihram dari asrama haji," ujarnya.
 
Dengan pemberangkatan JCH Kloter 11 ini, ungkap Tambrin, maka total JCH Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan sudah sebanyak 3.520 orang termasuk petugas haji.
 
"Setiap Kloter ada sebanyak lima petugas haji dan kesehatan," ujarnya.
 
Sejauh ini, ungkap Tambrin yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut, proses keberangkatan jemaah haji dari embarkasi ke tanah suci berjalan lancar.
 
"Sejauh ini tidak ada juga informasi dari tanah suci pada jemaah kita yang mengalami sakit mengkhawatirkan, kita doakan semuanya selalu sehat walafiat baik yang sudah di sana maupun masih di tanah air menunggu keberangkatan," ujarnya.
 
Menurut dia, masih ada delapan kloter dari Embarkasi Banjarmasin belum diterbangkan ke tanah suci.
 
"Pada musim haji tahun 2024 ini, Embarkasi Banjarmasin menerbangkan sebanyak 19 kloter dari 12 Mei sampai 10 Juni 2024," ujarnya.
 
Untuk JCH Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan totalnya sebanyak 5.759 orang, dari dua provinsi, yakni, Kalsel dan Kalteng.
 
Dengan rincian, sebanyak sebanyak 4.071 orang dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang dari Kalteng.
 
Tambrin pun selalu berpesan kepada jamaah agar mengikuti aturan dan petunjuk dari petugas kloter yang menyertai jamaah, supaya semuanya kompak dan terkoordinasi.
 
"Taati dan ikuti juga arahan dan petugas dari ketua rombongan dan ketua-ketua regu yang telah ditunjuk," demikian katanya.
Baca juga: JCH Embarkasi Banjarmasin berpakaian ihram sejak di asrama haji
Baca juga: 2.240 calon haji Kalsel dan Kalteng sudah berada di Madinah
Baca juga: Embarkasi Banjarmasin berangkatkan Kloter 02 dari Kota Banjarmasin 

Pewarta: Sukarli
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024