Jakarta (ANTARA/JACX) – Kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) sedang menjadi perbincangan publik dan bahkan menuai aksi protes dari para mahasiswa yang menuntut agar kebijakan itu ditinjau ulang. 

Sebuah unggahan video YouTube berdurasi 10 menit menarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta serta Menteri Pendidikan, Anies Baswedan ikut melakukan demonstrasi bersama mahasiswa terkait kenaikan UKT.

Berikut narasi dalam unggahan video tersebut:

“GEGER ANIES TURUN BERSAMA MAHASISWA DUDUKI DPR AKIBAT UKT NAIK”

Namun, benarkah Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Anies ikut aksi bersama mahasiswa terkait kenaikan UKT. Faktanya, isi video dengan narasi judul berbeda. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut serupa dengan unggahan foto di Kompas yang berjudul “Unjuk Rasa Mahasiswa dan Publik yang (Kadung) Tak Percaya”. Dalam artikel tersebut, para mahasiswa di berbagai kota turun ke jalan menyuarakan beragam tuntutan. Salah satunya menolak wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Selain itu, narasi yang dibacakan narator merupakan artikel dari laman Tempo yang berjudul “Kado Hari Pendidikan Nasional: UKT Naik di Berbagai Kampus Negeri”, yang menyoroti kenaikan UKT di berbagai perguruan tinggi menjadi sorotan utama setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) tahun 2024.

Namun, dalam narasi tersebut tidak ada pernyataan Anies Baswedan ikut dalam aksi mahasiswa terkait kenaikan UKT. Foto Anies ditengah aksi mahasiswa juga merupakan editan.

Klaim: Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! MK putuskan Anies dan Ganjar tidak boleh calonkan diri jadi Presiden

Cek fakta: Disinformasi! Kasus suap MK muncul ke publik setelah tolak gugatan Anies-Ganjar pada akhir April

Baca juga: PKB: Ada komunikasi dengan Anies soal Pilkada Jakarta 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024