Jakarta (ANTARA) - Pembalap motor muda Indonesia Fadillah Arbi Aditama menantikan peluang wildcard lainnya pada kelas balap Moto3 setelah turun dengan status tersebut untuk Honda Team Asia, di Moto3 Catalonia di Barcelona, Spanyol, Minggu (26/5).

“Saya memastikan akan bekerja keras meraih peluang seperti ini lagi di masa depan,” kata Arbi dalam keterangan resmi Honda Team Asia, Senin.

Arbi finis posisi ke-23 pada balapan utama Moto3 Catalonia. Pembalap berusia 18 tahun itu mengaku melakukan sejumlah kesalahan sendiri yang berdampak pada posisinya sepanjang balapan.

“Sebenarnya sensasi berkendara jauh lebih baik dibandingkan kemarin (kualifikasi). Saya mengatur kecepatan dengan baik dan mencoba mengikuti para pembalap di depan saya,” ungkap Arbi.

“Sayangnya, pada awal balapan, saya melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan saya kehilangan jarak dengan para pembalap di grup depan,” kata dia.

Balapan menantang juga dialami oleh Tatchakorn Buasri yang mengakhiri balapan pada posisi ke-22. Ia dikenakan penalti long lap dan hal itu pun membuatnya kesulitan mencapai hasil yang bagus di Barcelona.

Baca juga: Arbi ingin kumpulkan pengalaman melalui wildcard di Catalunya

“Tatchakorn Buasri finis posisi ke-22, sedangkan Fadillah Arbi Aditama mengakhiri balapan pada posisi ke-23. Ada kesenjangan yang signifikan antara mereka dan pembalap di depannya, yang menyoroti perlunya perbaikan,” kata Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama.

“Balapan ini bukanlah balapan yang mudah bagi Buasri dan Aditama, dan mereka harus belajar dari kesalahan mereka untuk meningkatkan performa mereka di balapan mendatang,” ujarnya menambahkan.

Pembalap utama Honda Team Asia Taiyo Furusato juga mengalami nasib yang kurang baik karena tidak dapat menyelesaikan balapan akibat kecelakaan.

“Saya mengalami kecelakaan di tikungan empat setelah menjalani penalti double long lap. Namun, ada hal positif yang bisa diambil dari situasi ini. Balapan dimulai dengan menjanjikan, dan saya dengan cepat mendapatkan kembali posisi saya di depan setelah adu penalti. Saya merasa cepat dan kompetitif, yang memungkinkan saya menyalip banyak pembalap,” jelas Furusato.

“Kami menunjukkan kekuatan hari ini, dan saya bertujuan untuk mempertahankan momentum ini pada balapan berikutnya di Mugello. Jelas bahwa saya memiliki kecepatan dan daya saing untuk tampil baik,” tutupnya.

Baca juga: Fadillah Arbi Aditama turun sebagai wildcard di Moto3 Catalunya

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024