Para pengungsi tersebut, merayakan Tahun Baru 2014 dengan sangat sederhana di sejumlah lokasi pengungsian di Kabanjahe,"
Medan (ANTARA News) - Pada Tahun Baru 2014, Rabu (1/12), jumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, mencapai 19.286 jiwa atau 6.054 kepala keluarga.

"Para pengungsi tersebut, merayakan Tahun Baru 2014 dengan sangat sederhana di sejumlah lokasi pengungsian di Kabanjahe," kata Ketua Media Center Penanganan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Tarigan ketika dihubungi dari Medan, Kamis.

Meskipun musibah bencana alam tersebut menimpa pengungsi itu, menurut dia, namun mereka tetap penuh semangat merayakan Tahun Baru 2014.

"Para pengungsi cukup tabah dan tegar menghadapi musibah erupsi Gunung Sinabung," ucap Jhonson.

Ketika ditanyakan mengenai keadaan pengungsi yang merayakan Tahun Baru, Jhonson mengatakan, ratusan pengungsi kelihatan meneteskan air mata, ketika bersalaman dengan warga lainnya yang juga pengungsi.

"Para pengungsi tersebut benar-benar sabar menghadapi cobaan dan tetan senang dan ceria pada Tahun Baru 2014," kata Jhonson.

Data yang diperoleh di Posko Penanganan Bencana Gunung Sinabung, Kabanjahe, belasan ribu pengungsi tersebut ditampung 31 lokasi.Beberapa diantaranya, Los Tiga Binanga, GBKP Payung dan Masjid Agung Kabanjahe.(*)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014