Jakarta (ANTARA) - Dallas Mavericks unggul 3-0 atas Minnesota Timberwolves usai menang 116-107 dalam gim ketiga pada rangkaian laga babak Final NBA Wilayah Barat yang digelar di American Airlines Center Dallas Texas, Senin, dan tinggal selangkah lagi menuju Final NBA 2024.

Mavericks kembali tampil luar biasa di kedua sisi lapangan dalam menyerang dan bertahan, mereka tinggal meraih satu kemenangan lagi untuk mengamankan tiket Final NBA dalam 13 tahun.

Luka Doncic dan Kyrie Irving masing-masing mencetak 33 poin dan Dallas melakukan laju yang menentukan pada lima menit terakhir untuk mengalahkan Minnesota Timberwolves 116-107.

“Kami hanya mengatakan satu kemenangan lagi, kami membutuhkan satu kemenangan lagi,” kata Doncic seperti dikutip laman resmi NBA.

Dalam sejarah NBA, tidak ada tim mana pun yang berhasil bangkit dan memenangi seri pertandingan dari tertinggal 3-0. Boston Celtics hampir melakukannya pada Final NBA Timur musim lalu ketika mereka tertinggal 0-3 dari Miami Heat, menyamakan kedudukan 3-3, namun kalah pada gim ketujuh.

Sebaran poin dari Mavericks merata ke banyak pemain, tidak hanya pada Doncic dan Irving yang dijaga ketat oleh dua orang tiap memegang bola.

Baca juga: Celtics bangkit di markas Pacers, curi kemenangan 114-111

“Mereka mencoba menjaga saya dengan dua orang sepanjang pertandingan, mencoba menjaga Kai dengan dua orang, sehingga itu membuat kami lebih baik,” kata Doncic.

“Semua orang menyentuh bola, semua orang bermain. Itu kemenangan yang luar biasa. Kami melakukan peregangan dan kami mengeksekusinya," kata dia.

P.J. Washington menambahkan 16 angka untuk Mavericks, Derrick Jones Jr. berkontribusi 11 poin. Dari semua pemain yang diturunkan oleh pelatih Mavericks dengan menit bermain yang cukup lama, seluruhnya mencetak poin. Hanya Dante Exum yang tidak mencetak poin karena dia hanya bermain 1 menit.

Dari Timberwolves, Anthony Edwards hampir mencetak triple-double dengan 26 poin, 10 assist, dan 9 rebound. Mike Conley Jr. menambah 16 angka, Jaden McDaniels 15 poin, Naz Reid 14 poin, dan Karl-Anthony Towns menyumbangkan 14 angka serta 11 rebound dengan akurasi tembakan yang hanya 27,8 persen atau 5 dari 18 upaya.

Gim keempat yang akan menjadi tiket Final NBA bagi Mavs apabila mereka menang akan kembali digelar di Dallas pada Rabu (29/5).

Baca juga: Triple-double Doncic bawa Mavs unggul 2-0 atas Wolves

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024