Denpasar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan secara umum curah hujan rendah mencapai 0-50 milimeter pada periode Juni 2024 di Bali.

“Kami perkirakan sifat hujan Juni sebagian besar kecamatan di Bali dalam kategori bawah normal,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, Senin.

Ada pun sifat hujan bawah normal berada pada kisaran 0-84 persen.

Ia merinci curah hujan di Bali pada Juni diperkirakan mencapai 0-20 milimeter tersebar di Kubu Kabupaten Karangasem, sebagian kecil Gerokgak dan Tejakula di Kabupaten Buleleng dan di Bangli dan Kintamani di Kabupaten Bangli.

Selanjutnya curah hujan 21-50 milimeter diperkirakan terjadi di Melaya, Negara, Mendoyo, Pekutatan di Kabupaten Jembrana; Petang, Mengwi, Kuta, Kuta Selatan di Kabupaten Badung; Denpasar Barat, Denpasar Timur di Kota Denpasar.

Nusa Penida di Kabupaten Klungkung; sebagian besar Gerokgak, Seririt, Busungbiu, Banjar, Kubutambahan, Buleleng, Sukasada di Kabupaten Buleleng; Kintamani, Bangli dan Susut di Kabupaten Bangli.

Sebagian wilayah Sukawati di Kabupaten Gianyar; Abang, Bebandem dan Karangasem di Kabupaten Karangasem; sebagian kecil Baturiti, Kerambitan dan Tabanan di Kabupaten Tabanan.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat melanda Kalimantan dan Papua

Kemudian curah hujan 51-100 milimeter diperkirakan terjadi di Abiansemal Kabupaten Badung; Banjarangkan, Klungkung dan Dawan di Kabupaten Klungkung; Sebagian besar Baturiti, Selemadeg Barat, Penebel, Pupuan di Kabupaten Tabanan.

Sebagian Sukawati, Gianyar, Tampaksiring, Payangan di Kabupaten Gianyar; Abang, Rendang, Manggis, Sidemen, Selat di Kabupaten Karangasem dan sebagian kecil Kecamatan Bangli.

Sementara itu, sifat hujan normal yakni berada pada kisaran 85-115 persen terjadi di sebagian kecil Kubutambahan, sebagian kecil Kintamani, Abang, Rendang dan Manggis.

Ada pun BMKG memiliki kategori curah hujan 0-100 milimeter termasuk rendah,

100-300 milimeter termasuk sedang dan 300-500 milimeter termasuk tinggi dan di atas 50 milimeter tergolong curah hujan tinggi.

Baca juga: BPBD sebut sejumlah wilayah Parigi Moutong dilanda banjir 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024