Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi bersiap menjalani turnamen French Open setelah tampil gemilang menjadi runner up turnamen WTA 500 Strasbourg.

Di Roland Garros, Paris, Aldila akan berpasangan dengan petenis Amerika Serikat, Asia Muhammad, untuk bertanding dalam nomor ganda putri.

Pada babak pertama, Aldila/Asia akan berhadapan dengan pasangan petenis Ukraina Anhelina Kalinina (peringkat ganda 103 dunia) dan Dayana Yastremska (peringkat 222 dunia).

Aldila saat ini menduduki peringkat ganda 35 dunia, sementara Asia berada pada peringkat ganda 34 dunia.

"Saya sangat senang bisa kembali berlaga di Roland Garros. Ini salah satu turnamen favorit saya, dan saya selalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik di sini. Saya dan Asia telah berlatih keras dan kami sangat siap untuk bertanding," kata Aldila dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Roland Garros merupakan salah satu turnamen tenis paling bergengsi di dunia, dan merupakan bagian dari Grand Slam, bersama dengan Australian Open, Wimbledon, dan US Open.

Baca juga: Aldila dan Asia Muhammad juarai WTA 125 Paris Open Trophee

Ajang tersebut juga menjadi turnamen Grand Slam dengan jumlah peserta terbanyak, dengan 64 pasangan ganda putri yang bertanding. Seperti Grand Slam lain, di Roland Garros menerapkan sistem full set, di mana pertandingan harus dimainkan hingga mencapai tiga set.

Sistem advantage juga diterapkan di Roland Garros, di mana pemain harus memenangi dua poin berturut-turut untuk mendapatkan gim saat deuce.

Roland Garros juga selalu menarik para petenis top dunia untuk bertanding. Tahun ini, beberapa petenis top dunia yang akan hadir di antaranya Novak Djokovic, Rafael Nadal, Carlos Alcaraz, Iga Swiatek, Coco Gauff, Naomi Osaka, Simona Halep, Emma Raducanu.

Aldila dan Asia telah menunjukkan performa yang solid di turnamen WTA Strasbourg, mencapai babak final. Sebelumnya juga menjadi juara WTA 125 Trophee Clarins di Paris. Di Roland Garros, mereka juga diharapkan dapat memberikan perlawanan sengit dan meraih hasil terbaik.

"Saya berharap bisa mewujudkan mimpi saya di Roland Garros dengan menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai Grand Slam. Mohon dukungan dan doanya selalu agar saya bisa mengharumkan Indonesia di kancah tenis dunia," ujar Aldila.

Baca juga: Aldila Sutjiadi runner up WTA 500 Strasbourg di Prancis

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024