Jakarta (ANTARA) - Federal Oil selaku sponsor tim Gresini Racing mengapresiasi konsistensi Marc Marquez yang meraih podium ganda pada sesi sprint race dan full race MotoGP Catalunya 2024.

Hasil balapan itu meneruskan keberhasilan Marc yang menyabet podium ganda pada balapan ke-1.000 Tim Gresini Racing MotoGP di Sirkuit Le Mans, Prancis pada dua pekan lalu.

Meski memulai balapan dari posisi 14, Marc mampu mengoptimalkan strategi ban "soft compound" pada bagian belakang yang membuat motor Ducati Desmosedici GP23 melesat lebih agresif. Ia akhirnya finish posisi 2 dalam sesi sprint race pada Sabtu (25/5) dan posisi 3 dalam sesi full race pada Minggu (26/5).

Hasil itu membuat persaingan di tabel klasemen MotoGP 2024 semakin terbuka lebar, di mana Marc Marquez miliki 114 poin di posisi tiga, selisih 41 poin dengan Jorge Martin sebagai pemuncak klasemen.

Baca juga: Klasemen MotoGP: Bagnaia geser Marc Marquez untuk posisi kedua

Sedangkan adik Marc, Alex Marquez finis di posisi 7 setelah start dari posisi 13. Berkat poin tambahan tersebut, Alex berada di posisi 11 klasemen sementara Juara Dunia MotoGP 2024.

Market Development General Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia yang menaungi Federal Oil, Rommy Averdy Saat, memuji performa Marc Marquez yang terlihat nyaman mengendarai Ducati Desmosedici GP23 sehingga mampu mengejar podium di MotoGP Catalunya 2024.

"Bermain di depan ratusan ribu penonton di Sirkuit Catalunya, Marc Marquez tak ingin mengecewakan para penggemarnya. Hasil ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami dan konsumen Federal Oil, karena Marc telah menunjukkan konsistensi dan makin nyaman bersaing di papan atas klasemen sementara MotoGP," kata Rommy Averdy dalam siaran pers pada Senin.

"Federal Oil berharap dan memberikan dukungan penuh kepada Marc dan Alex agar semakin fokus di pertengahan musim MotoGP 2024 untuk persaingan titel Juara Dunia yang semakin ketat,” ujar Rommy Averdy Saat.

Baca juga: Marc Marquez anggap podium Catalonia sangat istimewa

Berhasil meraih podium ganda di MotoGP Catalunya 2024, Marc Marquez mengatakan, "Kami semakin berkembang dan makin nyaman setiap hari, tetapi jelas bahwa tidak selalu mungkin untuk menyelamatkan akhir pekan seperti di sini dan di Le Mans."

"Di sisi lain, di sirkuit ini, yang terburuk menurut karakteristik saya, meraih dua podium tentu menjadi pertanda baik untuk musim ini. Sekarang kami memikirkan tentang Mugello dan yang terpenting adalah menyelesaikan masalah di flying lap," kata Marc.

"Saya mempunyai perasaan yang baik sepanjang akhir pekan dan hasil hari ini mencerminkan hal itu. Saya sedikit menderita di awal balapan hari ini, mungkin juga karena secara mental saya tidak ingin merusak ban soft dan juga dalam pertarungan dengan pembalap lain," kata Alex Marquez.

"Tidak apa-apa, tapi jelas ada sesuatu yang lebih bisa ditemukan pada hari Jumat mulai dari Mugello,” ujar Alex Marquez.

Baca juga: Pecco Bagnaia sebut kemenangan di Catalunya "sangat penting"

Selanjutnya: Balapan berikutnya

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024