Jakarta (ANTARA/JACX) – Presiden Iran Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia usai helikopter yang mengangkutnya bersama delapan pejabat lain jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, Minggu (19/5). 

Selain Presiden Iran, helikopter tersebut juga mengangkut delapan orang lainnya. Beberapa diantaranya Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan lainnya.

Sebuah unggahan di X menampilkan foto Presiden Iran keluar dari helikopter dengan narasi Presiden Iran selamat.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Bad news for Zionists..

Iranian President Ebrahim Raisi is safe.”

Namun, benarkah Presiden Iran selamat dari kecelakaan helikopter?

 

Unggahan yang menarasikan presiden Iran selamat dari kecelakaan helikopter. Faktanya, foto tersebut merupakan Presiden Iran Ebrahim Raisi mengunjungi Firuzkuh setelah banjir, pada 30 Juli 2022. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto tersebut serupa dengan unggahan media Alamy yang menarasikan Presiden Iran Ebrahim Raisi mengunjungi Firuzkuh setelah banjir, Iran, 30 Juli 2022. Menurut Bulan Sabit Merah Iran yang mengutip pejabat setempat, setidaknya 56 orang tewas dan 18 orang hilang dalam banjir di sebagian besar kota di Iran kala itu. 

Video rangkaian upacara pemakaman mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya, yang tewas dalam kecelakaan helikopter, berlanjut di Qom, Iran Tengah pada Selasa (21/5) dapat dilihat di sini. Ribuan warga berkabung atas Raisi di Kota Suci Muslim Syiah itu sambil membawa foto presiden dan mengibarkan bendera Iran.

Klaim: Presiden Iran selamat dari kecelakaan helikopter

Rating: Hoaks

Baca juga: Iran rilis laporan awal penyelidikan jatuhnya helikopter presiden

Baca juga: Menlu RI sampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Presiden Raisi

Cek fakta: Hoaks! Video dalam pesawat turbulensi Singapore airlines 21 Mei

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024