Bazar ini merupakan wujud nyata Pemprov DKI Jakarta dalam membantu pelaku UMKM binaan menghadapi kendala dan tantangan selama ini
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menyelenggarakan bazar di Balai Kota yang bertujuan membuka akses pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terlibat di dalamnya.

"Bazar ini merupakan wujud nyata Pemprov DKI Jakarta dalam membantu pelaku UMKM binaan menghadapi kendala dan tantangan selama ini," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan  bazar yang digelar di Balai Kota pada 27-30 Mei diikuti sebanyak 67 UMKM binaan yang telah lulus kurasi terdiri dari kuliner, kriya, dan fesyen.

Ratu mengatakan  sektor UMKM mempunyai peranan strategis dalam upaya mempertahankan pertumbuhan sektor riil sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, kata Ratu bahwa industri kecil dan menengah juga memiliki kemampuan untuk bertahan terhadap terpaan krisis ekonomi, itu terbukti dari berbagai ancaman krisis yang telah terjadi di Indonesia.

Akan tetapi kata Ratu, mereka juga menghadapi berbagai masalah antara lain, kesulitan dalam pemasaran, keterbatasan akses informasi peluang pasar, distribusi serta pengadaan bahan baku dan lain-lain.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memperluas pemasaran produk UMKM, dan mendorong peningkatan perekonomian," ujarnya.

Ratu menjelaskan, bazar ini juga merupakan salah satu langkah Peningkatan Promosi Produk Kreatif dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Dia menambahkan, bazar ini dapat meningkatkan produktivitas serta menciptakan akses pasar baru bagi pelaku UMKM Jakarta dan meningkatkan promosi produk-produk kreatif dari UMKM.

"Bazar ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri serta bagian dari pembinaan," katanya.
Baca juga: Jakreatifest 2024 untuk tingkatkan peran UMKM dalam perekonomian
Baca juga: Anggota DPRD minta DKI kaji ulang izin minimarket untuk lindungi UMKM
Baca juga: Pemkot Jaktim apresiasi Kadin majukan UMKM

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024