Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND berkomitmen menyalurkan dana pensiun secara efisien, tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan akuntabel (dapat dipertanggungjawabkan).

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris mengatakan dalam memberikan pelayanan kepada para pensiunan, PosIND membayarkan dana pensiun di outlet Pos selain itu juga diantarkan oleh petugas Pos ke rumah pensiunan.

"Layanan ini untuk sementara hanya berlaku bagi pensiunan yang berusia 65 tahun ke atas.Di tahap awal ini kami masih membatasi, masih melihat seperti apa pelaksanaan di lapangan, dan tanggapan para pensiunan," ujarnya melalui keterangan di Jakarta, Senin

Menurut dia, layanan antar pensiun ke rumah pensiunan ini sebagai sebuah cara mewujudkan komitmen perusahaan menjadikannya sebagai layanan unggulan.

Haris mengatakan, Posind menjalin kerja sama dengan PT ASABRI (Persero) dalam penyaluran dana pensiun.

Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI adalah BUMN yang ditugaskan oleh pemerintah sebagai pengelola program asuransi sosial bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Polri, dan pegawai ASN.

“ASABRI mendapat tugas dari negara untuk membayarkan manfaat dana pensiun kepada anggotanya. PT Pos Indonesia menjadi salah satu mitra dari ASABRI.

Saat ini Pos Indonesia mendapat dua penugasan, yaitu dari Taspen untuk ASN dan ASABRI. Saat ini Pos Indonesia membayarkan sebanyak 474 ribu pensiunan dengan rincian 333 ribu pensiunan Taspen, sisanya pensiunan ASABRI.

Terkait hal itu, lanjutnya, Kementerian Pertahanan mencanangkan peningkatan pelayanan kepada pensiunan dan salah satu upaya Posind sebagai mitra ASABRI yakni dengan mengantarkan langsung uang pensiunan ke rumah.

Haris menyatakan perusahaan memastikan seluruh dana pensiun diterima sepenuhnya oleh penerima yang berhak, untuk itu pihaknya selalu melakukan verifikasi data penerima terlebih dahulu sebelum menyerahkan uang pensiun atau autentikasi.

Salah satu langkah autentikasi yang dilakukan oleh Pos Indonesia yaitu dengan membuatkan rekening Giropos sehingga dana pensiunan dipastikan diterima langsung oleh penerima yang berhak.

Sebelumnya Direktur Bisnis jasa Keuangan PosInd Haris melakukan pencanangan Peningkatan Kualitas Layanan Antar di Palembang, Sumatera Selatan dengan pengantaran ke rumah salah satu penerima pensiun di Kemang Manis Bukit Besar Palembang.

Nuraini, pensiunan Polda Sumatera Selatan pada 2006 menyambut gembira terhadap layanan dana pensiun diantarkan langsung ke rumah dari yang sebelumnya harus mengambil di kantor pos.

"Ke depan nanti diharapkan Pos Indonesia tetap mempertahankan kualitas pelayanan. Bahkan, menjadi semakin baik," katanya.

Baca juga: PT Pos ubah aset gedung jadi creative hub pengembangan e-sport
Baca juga: Pos Indonesia - Hadin kerja sama pengembangan layanan logistik 
Baca juga: PT Pos Indonesia distribusi logistik pemilu ke 940 tps di  Ambon 

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024