Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memfasilitasi keberangkatan jamaah calon haji berasal dari daerah itu, yang menunaikan ibadah haji pada 2024 dengan menyediakan kendaraan untuk mengangkut mereka dari Kediri ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Kami Pemerintah Kota Kediri bersama dengan Kemenag memberikan dukungan penuh atas keberangkatan jamaah calon haji asal Kota Kediri. Kami telah menyediakan armada tujuh bus dan dua mini bus untuk mengantar ke asrama haji, termasuk saat kepulangan," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Kediri Ferry Djatmiko di Kediri, Senin.

Ia menyebutkan jumlah calon haji yang diberangkatkan dari Kota Kediri pada musim haji 2024 tercatat 304 orang, terdiri atas 134 laki-laki dan 170 perempuan dengan usia bervariasi, mulai 18 hingga 85 tahun.

Calon haji tertua Syahrir (85) dan Zaenab (85), sedangkan termuda Muhammad Satori (22) dan Salamah (18), yang semuanya warga Kota Kediri.

Dinas Kesehatan Kota Kediri juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan calon haji melalui puskesmas setempat dan RSUD Gambiran Kota Kediri. Pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi mereka siap mengikuti ibadah haji 2024.

"Jadi beliau-beliau yang berangkat ini adalah yang sudah dipastikan sehat secara fisik dan siap menjalani serangkaian ibadah haji nantinya," kata dia.

Baca juga: 2.306 calon haji Kabupaten Tangerang diberangkatkan ke Tanah Suci

Pihaknya juga tetap menekankan setiap calon haji memperhatikan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. Mereka juga diimbau membawa obat-obatan dari rumah, walaupun tim kesehatan telah menyiagakan untuk memantau kesehatan para calon haji.

"Kalau biasa pakai minyak kayu putih, koyok, atau obat-obatan tertentu yang hanya ada di rumah (Indonesia) silakan dibawa saja, terutama vitamin itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika fisik sehat maka ibadah juga makin khusyuk," ujar dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kediri Moh Qoyyim mengatakan sebelum keberangkatan jamaah calon haji ini, pihaknya telah melaksanakan persiapan, termasuk manasik haji dimulai pada 25 April 2024.

"Ada total delapan pertemuan manasik haji yang telah diikuti oleh jamaah calon haji, mulai tanggal 25 April hingga tanggal 16 Mei 2024," katanya.

Jamaah calon haji berasal dari Kota Kediri yang hendak berangkat pada musim haji 2024 tersebut dikumpulkan di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri guna mendapatkan pengarahan sebelum diberangkatkan menuju Makkah.

Setelah melakukan pelepasan secara simbolis, mereka akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada Jumat (31/5), pukul 13.00 WIB bertempat di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

Baca juga: Jamaah calon haji Indonesia diimbau hormati budaya Arab Saudi
Baca juga: Garuda Indonesia minta maaf atas keterlambatan penerbangan haji
Baca juga: Kemenag ajak publik berpartisipasi untuk haji aman lewat "Kawal Haji"

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024