Perth (ANTARA News) - Prancis akan tampil untuk ketiga kalinya pada final Piala Hopman setelah Alize Cornet dan Jo-Wilfried Tsonga mengalahkan juara bertahan Spanyol 3-0 pada turnamen beregu campuran di Perth, Jumat.

Prancis akan menghadapi pasangan Polandia yang menempati unggulan teratas Agnieszka Radwanska dan Grzegorz Panfil pada final yang akan digelar pada Sabtu.

Prancis sebelumnya mencapai final kejuaraan di Perth itu pada 1998 dan 2012.

Dua tahun lalu, tim yang terdiri dari Richard Gasquet dan Marion Bartoli dikalahkan di final oleh pasangan Republik Ceko Tomas Berdych dan Petra Kvitova.

Pada 1998, Mary Pierce dan Cedric Pioline dikalahkan oleh pasangan Republik Slowakia Karina Habsudova dan Karol Kucera.

Setelah memenangi dua pertandingan pertama di grup, Prancis hanya perlu mengalahkan Spanyol yang diperkuat Anabel Medina Garrigues dan Daniel Munoz-De la Nava untuk bisa lolos ke final.

Cornet, yang kalah pada dua pertandingan tunggal sebelumnya pekan ini, membuat Prancis unggul dengan kemenangan mudah atas Medina Garrigues, 6-2, 6-2, meskipun diganggu dengan rasa sakit pada otot paha belakangnya.

Setelah Tsonga memastikan kemenangan bagi Prancis dalam pertandingan tiga set atas Munoz-De la Nava, Cornet mengambil tempatnya di ganda campuran yang tidak menentukan lagi.

Lawan mereka di final nanti adalah Polandia yang baru pertama kalinya tampil di Piala Hopman.

Tsonga memperpanjang catatan tidak terkalahkannya secara beruntun pada nomor tunggal di Perth menjadi enam pertandingan, saat dia mengalahkan petenis peringkat 194 Munoz-De la Nava, yang menggantikan Tommy Robredo pada turnamen itu.

Petenis Prancis itu menang 6-4, 6-7 (7/9), 6-2, setelah petenis Spanyol itu berhasil lolos dari tiga kali "match point" pada set kedua dan kemudian menyamakan kedudukan set pada pertandingan itu.

Prancis memenangi ganda campuran 8-3.

Pada pertandingan lain yang sudah tidak berpengaruh lagi, Republik Ceko meraih kemenangan 3-0 atas Amerika Serikat.

Petenis Amerika Serikat Sloane Stephens mendapat pukulan dalam persipannya menghadapi Australia Terbuka, dengan tidak bisa melanjutkan pertandingan tunggal putri melawan Petra Kvitova karena cedera pergelangan tangan, setelah kalah pada set pertama 3-6.

John Isner juga kehilangan pertandingannya melawan Radek Stepanek karena cedera pergelangan kaki, demikian AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014