Kami siap berkunjung dan bertanding ke sana...Saya coba terus memotivasi mereka agar dapat turun bertanding sebaik mungkin
Sunderland (ANTARA News) - Apa yang perlu diperbuat David Moyes setelah skuat Manchester United (MU) mengenyam empat kali kekalahan dari enam laga terakhir di Old Trafford?

Moyes perlu berpikir dan berlaku secara kreatif dengan segenap hati ketika menapaki jalan ziarah sepak bola di negeri ratu Elizabeth itu. Ya, mereka yang berlaku dengan segenap hati mampu terus memberi dan memberi.

Kini, saatnya Moyes membuktikan bahwa kreativitas mampu menjalankan mesin taktik untuk memotivasi seluruh penggawa MU menghadapi Sunderland dalam laga Piala Liga Inggris yang digelar di Stadium of Light, pada Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.  

Dengan terus memberi, Moyes diharapkan mampu menghalau memori buruk kekalahan 1-2 MU dari Swansea di babak ketiga Piala FA, Minggu (5/1). Inilah kekalahan MU kali pertama melawan Sunderland sejak tahun 1984.

Sontak, berbagai opini beredar di media massa Inggris dengan menyebut bahwa Moyes bukan orang yang tepat melatih MU dengan menggantikan manajer gaek Sir Alex Ferguson.  

Kreativitas dalam berpikir dan berlaku perlu dimiliki pelatih asal Skotlandia untuk menghilangkan aib bernama kekalahan demi kekalahan. Saat ini, MU berada di posisi ketujuh dengan mengoleksi 34 poin, sementara Arsenal bertengger di puncak klasemen Premier League dengan mengemas 45 poin.

Moyes perlu berpikir, karena berpikir merupakan "sihir" yang dapat menghantar manusia untuk mampu berkata-kata dan bertindak secara benar. Dan situasi, benar-benar sedang tidak memihak kubu Manchester United.

Sejumlah pemain skuat Setan Merah masih mengalami cedera ringan. Wayne Rooney (cedera pangkal paha) dan Robin van Persie belum dapat memperkuat Manchester United manakala melawan Sunderland, begitu pula dengan Phil Jones, Rafael, Marouane Fellaini dan Ashley Young.

Salah satu palang pintu Manchester United, Rio Ferdinand masih harus duduk di bangku cadangan. Posisinya akan diganti oleh Fabio. Sementara, Sunderland juga tidak dapat diperkuat oleh bek asal Spanyol Carlos Cuellar dan penjaga gawang Keiran Westwood.

Baik Sunderland maupun Manchester United sama-sama berharap hasil positif di ajang Premier League musim ini. Manajer Moyes dan pelatih kepala Sunderland Gustavo Poyet sama-sama ngotot meraih kemenangan ketika kedua tim bersua di Stadium of Light di leg pertama semi-final Piala Inggris ini.

Poyet coba memotivasi anak asuhannya karena mereka sebelumnya mampu meraih kemenangan di ajang League One ketika menekuk Carlisle United 3-1. Sedangkan, kubu pasukan asuhan Moyes sedang berada di bawah tekanan.

Anatomi kedua tim:
* Sunderland telah bertanding sebanyak 20 kali melawan Manchester United di seluruh kompetisi. Tak satu kali pun skuat berjuluk "Black Cats" itu meraih kemenangan.
* Sunderland hanya sekali melenggang ke final Piala Liga, dengan mengalahkan Norwich City 1-0 di Wembley pada 1985. Kali terakhir The Black Cats lolos ke semi-final Premier League di musim 1998-1999.
* United hanya kemasukan sembilan gol dalam 13 laga yang digelar di Stadium of Light, dan memasukkan sebanyak 22 gol.
* United tidak terkalahkan dalam 11 laga tandang di seluruh kompetisi, dengan torehan tujuh kemenangan dan empat kali imbang.
* Kali terakhir, kedua tim bersua di ajang Piala Liga pada November 2000, dan Sunderland menang 2-1 sesudah menjalani laga perpanjangan waktu.
* Lima laga terakhir antara kedua tim yang digelar di the Stadium of Light:
Sunderland 1-2 United (05-10-13); Sunderland 0-1 United (30-03-13); Sunderland 0-1 United (13-05-12);
Sunderland 0-0 United (02-10-10); Sunderland 0-1 United (02-05-10)

Komentar dua pelatih:

Gustavo Poyet (Sunderland):

"Saya ingin mengatakan bahwa laga musim ini demikian menantang karena kami beroleh posisi yang memprihatinkan. Kami berusaha memberi yang terbaik bagi klub."

"Secara serius, ini bukan soal takut atau tidak takut. Saya memperoleh pengalaman berbeda ketika melawan Manchester United, juga ketika menghadapi Chelsea. Kami berusaha tampil menawan ketika melawan mereka. ketika kami menghadapi Tottenham, kami tidak tampil cukup baik. Dengan begitu, saya beranggapan, kami tidak perlu sedikit pun khawatir."

"Saya hadir bersama tim ini dengan berusaha semaksimal mungkin, berusaha dan bekerja sebaik mungkin bagi tim."

David Moyes (Manchester United):
"Kami siap berkunjung dan bertanding ke sana. Kami senantiasa beranggapan bahwa setiap pertandingan bernilai penting, dan berpandangan bahwa kami memang sedang bertanding layaknya di laga final."

"Saya coba terus memotivasi mereka agar dapat turun bertanding sebaik mungkin."

Prakiraan susunan pemain:
Sunderland (4-5-1):
Mannone, Celustka, Roberge, Brown, Bardsley, Borini, Larsson, Ki, Colback, Giaccherini, Fletcher
Pemain cadangan:
Pickford, Karlsson, Ba, Mavrias, Vaughn, Cabral, Ji, Altidore, Gardner, Johnson

Manchester United (4-4-2):
De Gea, Smalling, Evans, Vidic, Evra, Valencia, Fletcher, Cleverley, Kagawa, Welbeck, Hernandez
Pemain cadangan:
Lindegaard, Anderson, Buttner, Januzaj, Giggs, Carrick, Rooney             
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Sunderland 2-1 Manchester United (14,3 persen)
* Sunderland 1-3 Manchester United (13,43 persen)
* Sunderland 0-2 Manchester United (13,11 persen)

Head to Head:
English Premier League (EPL)
5   Oct 2013     Sunderland 1 - Manchester United 2     
30 Mar 2013     Sunderland 0 - Manchester United 1     
15 Dec 2012     Manchester United 3 - Sunderland 1     
13 May 2012     Sunderland 0 - Manchester United 1     
 5  Nov 2011     Manchester United 1 - Sunderland 0     

Lima laga terakhir:    
Sunderland
5 Jan 2014    Sunderland 3 - Carlisle United 1    FA
1 Jan 2014    Sunderland 0 - Aston Villa 1    EPL
28 Dec 2013    Cardiff City 2 - Sunderland 2    EPL
26 Dec 2013    Everton 0 - Sunderland 1    EPL
21 Dec 2013    Sunderland 0 - Norwich City 0    EPL

Manchester United
5 Jan 2014    Manchester United 1 - Swansea City 2    FA
1 Jan 2014    Manchester United 1 - Tottenham 2    EPL
28 Dec 2013    Norwich City 0 - Manchester United 1    EPL
26 Dec 2013    Hull 2 - Manchester United 3    EPL
21 Dec 2013    Manchester United 3 - West Ham 1    EPL

Narasi atas prediksi:

* Poyet punya misi untuk menulis catatan indah di buku sejarah Sunderland. Pelatih asal Uruguay itu ingin mengukir hasil positif dengan meraih kemenangan melawan tim sekelas Manchester United.

* David Moyes belum pernah memenangi trofi ketika masih melatih Everton. Kini Moyes menghadapi beban kelewat berat dengan menerika kekalahan demi kekalahan ketika menukangi Manchester United.

* Manchester United pernah mengalahkah skuat Black Cats pada Oktober, dan pemain sayap bertalenta Adnan Januzaj bakal menjadi salah satu pemain ketika menghadapi Sunderland.

* Kubu Manchester United sedang dilanda galau, di satu pihak. Di lain pihak, skuat Setan Merah termotivasi memberi "yang terbaik" bagi timnya, khususnya bago Moyes.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Sunderland: 1
Manchester United: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014