Cianjur (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melakukan uji coba perlintasan jalur Daerah Operasi (Daop) II Bandung, Selasa, seiring rencana beroperasinya kereta jalur Cianjur-Sukabumi, Januari 2014.

Pemeriksaan jalur tersebut menggunakan KA Relawan yang diberangkatkan dari Stasiun Tagong Apu sampai Sukabumi dan uji coba tersebut selama dua hari, kata Kepala Stasiun Cianjur, Dadang Hidayat di Cianjur, Selasa.

"Uji coba pada hari ini fokus pada pemeriksaan perlintasan dan Rabu pemeriksaan secara keseluruhan. Hari ini uji coba jalur menggunakan KA Relawan dan besok pemeriksaan langsung dari direksi secara keseluruhan," katanya.

Dia menambahkan, rencana KA yang dioperasikan jalur Cianjur-Sukabumi itu, belum diketahui KA jenis apa dan berapa gerbong yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang, serta kapasitas dan fasilitas KA pun masih dalam tahap pengkajian, sehingga belum bisa dipastikan.

"Saya belum mengetahui sejauh itu, mungkin kalau langsung ke Daop II Bandung bisa memberikan keterangan rinci. Saya hanya bisa memberikan keterangan secara umum saja. Sedangkan KA ini akan beroperasi pertengahan Januari," ungkapnya.

Sedangkan jadwal sementara rencana pemberangkatan, awal pemberangkatan dari Statsiun Cianjur pukul 03.15 WIB dan tiba di Sukabumi pukul 04.38 WIB, setiap harinya.

Kereta kembali dari Sukabumi pukul 05.15 WIB dan tiba di Cianjur pada pukul 06.38 WIB. Berangkat kembali dari Cianjur pukul 08.00 WIB sampai ke Sukabumi pukul 09.23 WIB dan pemberangkatan kembali pada 10.00 WIB, tiba di Cianjur 11.23 WIB.

"Lalu berangkat lagi pada pukul 13.00 WIB, tiba di Sukabumi 14.23 WIB, berangkat lagi pukul 15.00 WIB dari Sukabumi, tiba di Cianjur pukul 16.23 WIB. Rangkaian KA terakhir istirahat di statsiun Cianjur," tandasnya. (FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014