Pemprov Sumut sudah berkoordinasi dengan Kodam dan Polda Sumut bahwa semua siap mendukung penanganan Sinabung."
Medan (ANTARA News) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H Nurdin Lubis mengimbau masyarakat di luar radius lima kilometer dari Gunung Sinabung ikut meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi erupsi yang telah terjadi berulang kali.

"Kesiapsiagaan perlu karena melihat aktivitas Sinabung yang terus meningkat seperti semakin seringnya erupsi," katanya usai meninjau Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung di Desa Ndokum Pisa Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Selasa.

Didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut H Asren Nasution dan pejabat Pemprov Sumut lainnya, Sekda menyebutkan, imbauan untuk kesiapsiagaan guna menghindari jatuhnya korban.

Selama ini, dengan kesadaran masyarakat dan bantuan Tim terkait, belum ada korban langsung erupsi Sinabung itu.

"Masyarakat di luar radius lima kilometer seperti pengungsi lainnya harus siap-siap menjauh dan mencari tempat yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Utamakan keamanan dan keselamatan," katanya.

Pemprov Sumut sendiri serius membantu dan menangani bencana Sinabung di Kabupaten Karo antara lain dengan langkah Gubernur Sumut yang telah menerbitkan SK Pembentukan Tim Pendampingan untuk membantu Pemkab Karo dalam memperlancar penanganan erupsi Sinabung.

"Penanganannya dengan melibatkan lintas SKPD dan lintas instansi TNI dan Polri. Walaupun penanggung jawab utama dalam penanganan bencana adalah Pemkab Karo," ujarnya.

Pemprov Sumut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah sedang mendata dan menghitung keperluan logistik termasuk obat-obatan dan pelayanan medis untuk diberikan jika diperlukan oleh Pemkab Karo.

"Pemprov Sumut sudah berkoordinasi dengan Kodam dan Polda Sumut bahwa semua siap mendukung penanganan Sinabung," katanya.

Semua kebutuhan tentu bisa diserahkan asal melalui mekanisme yang berlaku yakni Pemkab Karo mengajukan ke Provinsi dan jika di luar kemampuan, maka Pemprov Sumut akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui BNPB.

Status tanggap darurat Gunung Sinabung sudah diperpanjang lagi hingga 18 Januari dari sebelumnya 4 Januari akibat terus meningkatnya aktivitas gunung itu.

Jumlah pengungsi erupsi Sinabung terus bertambah menjadi 22.145 jiwa atau 6.898 kepala keluarga (KK) dari Senin sejumlah 22.003 jiwa atau 6.860 KK.

Para pengungsi itu ditampung di 33 lokasi. (E016/T007)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014