Bukittinggi (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), telah menyiapkan sebanyak 13 macam kelengkapan logistik Pemilu 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Lemmasrizal, Selasa, mengatakan, ke-13 macam logistik itu diantaranya lem, ballpoint, spidol besar dan kecil, bantalan untuk pencoblosan dan lainnya.

"Logistik pemilu tersebut merupakan kebutuhan untuk tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 263 lokasi," kata dia.

Meski pesta demokrasi sekali lima tahun itu masih tinggal tiga bulan lagi, namun pengadaan bahan-bahan material pemilu jauh hari sebelumnya telah lama disiapkan," kata dia.

Sebanyak 263 TPS di 24 kelurahan yang ada di Bukittinggi itu tersebar di tiga daerah pemilihan (Dapil), sesuai dengan kecamatan yang ada, yakni Kecamatan Guguakpanjang, Kecamatan Mandiangian Koto Selayan dan Kecamatan Aua Birugo Tigo Belah.

Jumlah pemilihan tercatat dalam data pemilih tetap (DPT) sebanyak 79.856 orang, terdiri 29.754 orang pemilih di Kecamatan Guguakpanjang dengan jumlah 102 TPS, 32.631 di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dengan 100 TPS dan 17.471 orang pemilih di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh dengan jumlah 81 TPS.

Sementara dari 272 calon legislatif yang maju memperebutkan 25 kursi di DPRD setempat, caleg perempuan terbanyak berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan 43 persen.

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, PKPI menempatkan seorang caleg perempuan dari total tiga orang caleg yang diusung (33 persen).

Pada dapil II Kecamatan Guguakpanjang PKPI menempatkan dua caleg perempuan dari total lima caleg yang diusung (40 persen).

Sedangkan dapil III Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, PKPI menempatkan tiga caleg perempuan dari total enam caleg yang diusung (50 persen).

Di bawah PKPI itu, kata dia, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berjumlah 38 persen dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang sama-sama 35 persen.

Jumlah DCT per dapil dimulai dari dapil I Kecamatan Mandiangin Koto Selayan berjumlah 106 orang dengan 31 persen keterwakilan perempuan.

Dapil II Kecamatan Guguk Panjang sebanyak 103 orang dengan jumlah keterwakilan perempuan 34 persen, serta 63 orang dapil III Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh dengan keterwakilan perempuan mencapai 34 persen.

Jumlah DCT laki-laki 180 orang atau sebanyak 66 persen, sementara DCT perempuan 92 orang atau sebanyak 34 persen. Para caleg yang terdaftar di DPT didominasi caleg yang berumur 35 hingga 50 tahun.  (HMR/B001)

Pewarta: Hamriadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014