...untuk memantau kelancaran lalu lintas dan keamanan...
Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya mengusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah jumlah kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV) guna mengawasi situasi keamanan dan kelancaran lalu lintas.

"Kita ingin jumlah CCTV diperbanyak untuk memantau kelancaran lalu lintas dan keamanan," kata Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Sudjarno di Jakarta Kamis.

Sudjarno mengatakan kamera pemantau itu nantinya dipasang sepanjang jalan dan setiap lokasi untuk mengawasi pengendara yang melanggar.

Sudjarno menambahkan CCTV juga berfungsi untuk bukti penegakan hukum terhadap pengendara dan pengawasan terhadap anggota kepolisian.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama setuju dengan penambahan jumlah kamera tersembunyi sesuai usulan Polda Metro Jaya.

Ahok menyatakan pihaknya akan mengoptimalkan CCTV milik pengelola gedung di Jakarta.

"Hampir setiap gedung di Jakarta memiliki CCTV, namun hanya dipasang ke arah jalan saja," ujar Wagub yang akrab disapa Ahok itu.

Ahok menuturkan setiap CCTV milik gedung harus bisa merekam hingga plat nomor polisi kendaraan.

Ia menambahkan, pihaknya akan memasukan persyaratan memasang CCTV dalam mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014