Washington (ANTARA News) - Direktur FBI James Comey mengaku tidak menganggap Edward Snowden whistleblower atau pahlawan, sekaligus merasa bingung oleh laporan yang menyebut buronan itu telah dilabeli dua kata itu.

"Saya melihat pemerintah sedang menjalankan cara yang dicita-citakan para pendiri bangsa," kata Comey kepada wartawan, "Oleh karena itu saya terganggu dengan pelabelan whistleblower (kepada Snowden)...orang yang jelas-jelas tidak mematuhi cara pemerintah kita terbentuk dan beroperasi."

Selagi Snowden anteng berlindung di Moskow di bawah suaka semantara selama setahun, pengadilan AS mulai mengadili legalitas pengupingan, sedangkan Gedung Putih melakukan kajian internal.

Comey tidak merinci dakwaan AS terhadap Snowden yang akan diperkarakan dengan menggunakan UU Spionase.

"Para whistleblower itu sangat penting," kata dia seperti dikutip Reuters. "Saya berusaha keras untuk memahami bagaimana Anda bisa memberikan label pahlawan whistleblower untuk informasi semacam itu, jadi ini membingungkan saya."

Para legislator AS, mengutip laporan rahasia Pentagon, memperingkatkan bahwa pencurian 1,7 juta dokumen rahasia bisa membuat pasukan militer AS di seluruh dunia dalam bahaya besar.

"Snowden telah memberi para teroris salinan buku rahasia negeri kita dan kini kita menanggung akibatnya," kata tokoh pada Komisi Intelijen DPR yang juga dari Demokrat, Dutch Ruppersberger.

"Kita mulai menyaksikan teroris-teroris mengubah metode mereka karena bocoran itu dan ini menunjukkan bahwa bahaya untuk negara kita dan warga negaranya akan terus terjadi."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014