Paris (ANTARA News) - Prancis merencanakan investasi satu miliar euro (1,36 miliar dolar AS) untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur Rafale dalam upaya merebut penawaran dan mengatasi persaingan sengit, Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian mengatakan Jumat.

"Ini adalah tanda yang jelas dari komitmen kami untuk berinvestasi di Rafale ... agar memiliki tingkat internasional yang lebih baik. Ini juga merupakan jaminan untuk menawarkan produk jangka panjang yang memenuhi persyaratan ekspor," kata menteri seperti dilansir Xinhua.

Rencana modernisasi Rafale meliputi pengintegrasian rudal jarak jauh Meteor baru dengan laser penunjukan pod generasi baru "PDL NG".

Diproduksi oleh perusahaan Prancis Dassault Aviation, Rafale, sebuah pesawat tempur multi-peran bermesin ganda dengan sayap delta hanya digunakan oleh pasukan angkatan laut lokal, telah kehilangan kesempatan untuk ekspor ke negara-negara lain karena harganya melonjak sejak mulai dioperasikan satu dekade lalu.

Pesawat Prancis ini menghadapi persaingan dari pesawat tempur F/A-18 Super Hornet dari Boeing Amerika Serikat dan pesawat tempur Gripen NG dari Saab Swedia.

Hampir mencapai kesepakatan pembelian jet tempur dengan Brazil, Rafale Prancis, dinilai terlalu mahal, sehingga mengalami kemunduran pada bulan lalu setelah negara Amerika Latin itu memilih Saab untuk menyediakan 36 jet tempurnya.

Dassault Aviation memperoleh pesanan untuk 180 pesawat tempur dan sejauh ini telah mengirimkan 126 jet menurut data kementerian pertahanan.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014