Paris (ANTARA News) - Paris Saint Germain tidak memainkan permainan terbaiknya pada pertandingan pertamanya pada 2014 di Liga Prancis, namun mereka tetap mampu memperbesar keunggulan di puncak klasemen menjadi lima poin setelah bangkit dari kemasukan lebih dulu untuk menang 2-1 atas Ajaccio.

Klub juru kunci Ajaccio unggul terlebih dahulu di Stade Francois-Coty melalui gol Eduardo, namun Ezequiel Lavezzi menyamakan kedudukan untuk tim tamu sebelum turun minum, dan Blaise Matuidi menanduk bola yang menjadi penentu kemenangan pada menit ke-74.

Itu bukan penampilan klasik dari pasukan Laurent Blanc, namun mereka sekarang unggul lima angka di puncak klasemen atas AS Monaco, yang bermain imbang 1-1 di markas Montpellier pada Jumat.

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami perlu berada di puncak permainan pada 20 menit pertama namun kami tidak melakukannya, dan kami mematikan tombol dan kemasukan gol," kata Blanc.

"Hal itu dimaksimalkan mereka, namun kami mampu menyamakan kedudukan, dan pada babak kedua kami memiliki peluang-peluang untuk memenangi pertandingan ini."

Ia menambahkan, "Kami memiliki sedikit waktu istirahat, dan itu membuat badan serta kepala para pemain menjauh sedikit dari beberapa hal."

Sementara itu Ajaccio masih berada di dasar klasemen dengan hanya satu raihan kemenangan musim ini. Mereka hanya mengoleksi sembilan angka dan terpaut sembilan angka dari zona aman, sehingga terdegradasi nampaknya sudah dipastikan akan menimpa mereka.

"Paris berada di sini untuk mengambilnya pada malam ini. Ini benar-benar membuat frustrasi ketika kami tidak mendapat penghargaan atas usaha-usaha kami," geram pelatih Ajaccio Christian Bracconi.

Tim Korsika itu telah membangun reputasi terhadap PSG dalam beberapa waktu terakhir, di mana mereka bermain imbang pada ketiga pertemuan mereka sebelumnya dengan klub ibukota itu.

Dan mereka berhasil unggul terlebih dahulu pada menit keenam, ketika bola mendatar Mehdi Mostefa dari sisi kanan diteruskan oleh Benjamin Andre dan Eduardo mengonversinya ke tiang belakang.

Mereka bahkan semestinya mampu memperbesar keunggulan mereka setelahnya, ketika Paul Lasne memberi bola kepada kapten Johan Cavalli, yang diteruskan dengan sepakan voli yang melebar.

Bagaimanapun, PSG perlahan-lahan menemukan irama mereka dan Zlatan Ibrahomovic melepaskan tendangan bebas mendatar ke arah tiang gawang, sebelum Edinson Cavani berbalik dan melepaskan tembakan yang masih belum tepat sasaran.

Gol penyama kedudukan tercipta empat menit sebelum turun minum, Lavezzi menyarangkan gol liga ketiganya di musim ini dari assist Ibrahimovic pada akhir pergerakan bagus yang melibatkan Cavani dan Matuidi.

Ajaccio mampu bertahan dengan baik pada pertandingan ini, dan peluang Eduardo digagalkan kiper tim tamu Salvatore Sirigu pada pertengahan babak kedua, namun PSG akhirnya mampu berbalik unggul saat pertandingan tinggal menyisakan 15 menit.

Pemain pengganti Javier Pastore mengirim umpan silang kepada Ibrahimovic, dan pemain Swedia itu meneruskannya kepada Matuidi untuk dikonversi menjadi gol dengan sundulan sambil menjatuhkan diri.

Ajaccio kembali kemasukan gol melalui Lasne yang tidak menyia-nyiakan peluang dengan tandukan menyambut umpan silang Eduardo, sedangkan Cavani nyaris membuat skor menjadi 3-1 melalui upaya larutnya, namun dapat digagalkan Gullermo Ochoa.

Lille dapat memangkas selisih menjadi empat angka jika mereka mampu mengalahkan Reims di kandang pada Minggu, sedangkan Marseille juga bermain pada Minggu di markas Evian.

Di tempat lain pada Sabtu, tim peringkat keempat Saint-Etienne menindak lanjuti laju lima kemenangan dari enam pertandingan dengan hasil imbang tanpa gol di kandang Guingamp, sedangkan laju tidak terkalahkan Bordeaux berakhir dengan kekalahan 0-1 di kandang sendiri dari rival lokal Toulouse.

Martin Braithwaite mencetak gol semata wayang di pertandingan itu setelah penalti Wissam Ben Yedder di babak pertama dapat digagalkan Toulouse, dan kedua tim harus kehilangan seorang pemain yang diusir keluar lapangan pada babak pertama.

Lyon meneruskan perbaikan penampilan mereka dengan kemenangan kandang 2-0 atas tim papan bawah Sochaux, ketika Clement Granier dan Yoann Gourcuff mencetak gol pada babak kedua.

Rennes dan Nice bermain imbang 0-0 sedangkan Valenciennes kini masuk zona aman berkat kemenangan kandang 3-2 atas Bastia, Mathieu Dossevi mencetak dua gol dan penyerang Ghana Waris Majeed mencetak gol pada debutnya, ketika Djibril Cisse gagal memukau para pendukungnya di Basti, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/Z002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014